Jigging , Teknik Mancing Menggunakan Umpan Metal

Jigging merupakan salah satu teknik mancing yang menggunakan umpan tiruan atau lure sebagai umpan. Umpan yang digunakan untuk jigging  merupakan umpan yang didesain khusus agar mudah tenggelam menuju dasar laut, yakni metal jig.

Teknik jigging sudah dikenal oleh para pemancing maupun nelayan sejak lama. Dengan menggunakan umpan tiruan berbahan timah atau logam, memudahkan pemancing mengincar ikan yang berada jauh di bawah permukaan air laut.
ji

Metaljig dibiarkan tenggelam sampai dasar laut atau kedalaman tertentu sesuai jenis ikan target yang diinginkan. Selanjutnya jig di tarik dengan cepat atau dengan irama tertentu sehingga terlihat seperti ikan kecil yang bergerak ke permukaan air. Ikan predator yang tergoda pun akan menyambarnya.

Berat metal jig di sesuaikan dengan kedalaman laut, mulai dari metal jig dengan berat hanya beberapa gram saja sampai dengan metal jig dengan berat ratusan kilogram banyak dijual di toko pancing. Metal jig biasanya berbentuk panjang dan pipih.

Selain bentuk, action dan bahan yang digunakan, ada satu lagi hal yang membedakan metaljig dengan jenis umpan tiruan atau lure lainya, yakni penggunaan single hook. Mayoritas umpan tiruan menggunakan treele hook, sedangkan metaljig menggunakan single hook yang didesain khusus dan dipasang menggunakan tali yang disebut assist hook.

Target jigging biasanya merupakan ikan ikan penghuni dasar laut atau ikan ikan yang bersembunyi di balik karang yang berada di dasar air. Target jigging diantaranya adalah ikan kerapu, ikan kakap merah, ikan kampur dan lain lain. Namun ikan pelagis seperti tengiri dan giant travelly juga akan menyambar metaljig jika mereka melihanya.

Seperti halnya teknik mancing popping atau trolling, jigging juga menggunakan joran yang didesain khusus. Joran jigging didesain dengan kuat dengan satu buah ring guide besar (stripping guide) dan ring guide kecil (snake guide) yang jumlahnya lebih banyak di banding joran  jenis lainya.  Joran jigging memiliki panjang 150 hingga 210 dan dirancang untuk memudahkan pemancing menghadapi perlawanan ikan yang jauh berada di dasar air.

Joran jigging biasanya merupakan joran sambung dua dan sambunganya berada di pengangan(gagang joran) / (butt join) . Selain itu ada dua jenis joran jigging, yakni joran jigging spinning dan joran jingging OH (over Head) yang dirancang khusus untuk reel bait casting.
baca juga


Untuk jigging, anda dapat menggunakan reel spinning maupun reel bc. Saat ini sudah banyak pilihan reel yang didesain khusus untuk jigging yang dijual di toko pancing, baik reel spinning maupun reel baitcasting.


Jigging biasanya dilakukan dari atas kapal. Para pemancing biasanya mencari laut dengan dasar batuan karang. untuk sensasi jigging sudah tidak perlu ditanya lagi ya.... Menarik ikan mati dengan bobot beberapa kilogram dari dasar laut saja sudah cukup menguras tenaga, jadi sudah bisa dibayangkan sensasi yang tak terlupakan mengahadapi perlawanan ikan monster yang jauh diberada di bawah permukaan laut.

0 Response to "Jigging , Teknik Mancing Menggunakan Umpan Metal"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *