Tips Memilih Warna dan Ukuran Capela (Squid Jig)

Capela atau squid jig merupakan salah satu jenis umpan tiruan atau umpan palsu yang digunakan untuk mancing cumi cumi. Berbagai jenis cumi- cumi seperti Cumi karang yang juga di kenal dengan nama calamari,juhi atau bigfin, cumi jarum dan sotong  sotong dapat di pancing menggunakan squid jig. Terkadang gurita juga akan menyambar squid jig yang lewat di hadapanya lho.
 
Tips Memilih Warna dan Ukuran caple (Squid Jig)
big fin dan squid jig
Salah satu kunci utama dalam pemilihan umpan tiruan jenis capela adalah warna capela itu sendiri. Cumi cumi merupakan hewan dengan penglihatan yang sangat tajam dan mereka mencari makan mengandalkan matanya yang tajam tersebut. Oleh karena itu pemilihan warna umpan capela yang tepat sangat berpengaruh atau sangat penting.

Capela dengan warna warna yang cerah menjadi favorit para pemancing. Seperti warna hijau muda, oranye, merah muda, biru atau kombinasi dari warna warna tersebut. Sedangkan jika anda mancing cumi cumi di malam hari, capela dengan cat fosfor atau glow in the dark (GID/ Menyala dalam gelap) menjadi capela yang di rekomendasikan.

Pemilihan jenis capela yang digunakan untuk mancing cumi juga dipengaruhi oleh kondisi spot dimana anda memancing.  berikut ini penjelasanya,

Air Dangkal

Perairan dangkal dengan kedalaman satu hingga dua meter cocok menggunakan capela dengan jenis floating. Capela atau squidjig dengan tipe floating memiliki ciri ciri diantaranya beratnya ringan atau timah pemberatnya kecil

Air Sedang

Untuk spot mancing cumi dengan kedalaman sedang, yakni tiga hingga empat meter sangat cocok menggunakan squid jig dengan tipe sallow. Squid jig dengan tipe sallow menggunakan timeh pemberat berukuran sedang, sehingga umpan tiruan tersebut tiak terlalu berat.

Air Dalam

Perairan yang dalam yakni dengan kedalaman empat meter atau lebih dalam cocok menggunakan squid jig jenis deep. Suid jig ini didesain dengan bobt yang berat, biasanya memiliki ukuran timah pemberat yang besar.  squid jig jenis ini dapat dengan cepat mencapai dasar air dan sangat cocok jika spot anda memancing cumi memiliki arus yang cukup kencang
baca juga:



Lalu bagaimana dengan ukuran squid jig? Ukuran squid jig atau capela menyesuaikan dengan besar cumi cumi di spot anda memancing. semakin besar cumi semakin besar pula squidjig yang dianjurkan. Mengingat cumi cumi mencari makan dengan mengandalakan penglihatanya.

Terus bagaimana cara mengetahui ukuran cumi cumi disana. Anda bisa menanyakan ke pemancing yang sudah sering mancing di spot anda memancing. kalau tidak ada, gunakan umpan tiruan mulai dari yang terkecil dahulu. Jika anda mendapatkan cumi cumi, silahkan tentukan ukuran capela yang kira kira pas untuk ukuran cumi cumi tersebut.


Kalau anda hanya ngin mencari cumi cumi dengan ukuran jumbo, ya silahkan gunakan squidjig atau capela dengan ukuran jumbo juga. Hehe.

0 Response to "Tips Memilih Warna dan Ukuran Capela (Squid Jig)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *