Cara Memancing Cumi-cumi




Anda tahu cumi-cumi? tentunya sudah tahu Ian? Pernah mancing cumi-cumi ? kali ini saya akan membahas mengenai cara dan tips mancing cumi-cumi.

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang masuk ke dalam kelas Cephalopada dan ordo Teuthida. Demang cumi-cumi sekolah? Kok masuk ke dalam kelas? Hehehe. Dalam bahasa Yunani, Cephalopoda memiliki arti “kaki kepala”,maka hewan yang termasuk ke dalan kelam Chepalododa merupakan hewan dengan kaki yang terdapat atau menempel pada kepala.

Memancing cumi-cumi sangat mengasikan lho. Mancing cumi-cumi-cumi dapat dilakukan di berbagai spot seperti dermaga, dari pinggir karang di tepi laut atau menggunakan kapal di tengah laut. spot mancing cumi-cumi yang populer di Jogja adalah dermaga pantai Sadeng di Gunung Kidul.
Cara Memancing Cumi-cumi tips trik umpan capela
cumi cumi

Memang tidak semua dermaga atau laut menjdai spot yang bagus untuk mancing cumi-cumi. cumi-cumi berhabitat di laut yang banyak ditubuhi rumput laut atau banyak terdapat batuan karang. rumput laut dan karang menjadi tempat kesuakan cumi-cumi untuk berlindung dari predator di laut.

Tips dalam memilih spot mancing cumi-cumi lainya adalah, pilihlah spot dengan arus yang tidak terlalu deras serta air berwarna jernih atau bening. Jika anda berada di perairan dangkal, usahakan pilih spot yang anginya tidak terlalu kencang, karena akan menyulitkan anda melempar aquid jig atau capela.

Umpan yang digunakan untuk mancing cumi-cumi adalah squid jig atau lebih akrab dengan nama capela. Capela merupakan salah satu jenis umpan tiruan yang didesain atau memiliki bentuk seperti udang dengan mata kail yang di buat khusus untuk mancing cumi-cumi. Di mana kita dapat membeli capela yang bagus? Capela sudah banyak dijual di toko pancing Online maupun ofline.

Waktu mancing cumi-cumi yang efektif adalah ketika pagi hari dan sore hari, yakni saat matahari terbit hingga pukul 9 pagi dan mulai jam 4 sore hingga matahari terbenam. Jika cuaca sedang mendung, pada pertenganhan siang hari pun cumi-cumi cukup galak.

Lalu apakah bisa mancing cumi-cumi di malam hari? Tentu saja bisa, namun disarankan untuk mancing cumi-cumi di dermaga, karena pada umumnya dermaga cukup terang di malam hari karena mayoritas dermaga sudah memiliki penerangan yang cukup. Ketika mancing cumi-cumi di malam hari pilihlah spot di bawah lampu yang terang. Karena cumi-cumi sangat tertari dengan cahaya di malam hari.
 baca juga

Cara menggunakan capela untuk mancing cumi-cumi yakni sedikit berbeda dengan casting menggunakan minnow atau popper. Ketika umpan tiruan ini di lempar, jangan langsung ditarik atau di retrieve. Diamkan sejenak agar umpan benar benar sampai ke dasar air. Lalu hentak dan retrieve pelan pelan, hingga capela benar benar terlihat seperti udang yang sedang berenang.


Ketika sudah terasa umpan tiruan di cengkeram oleh cumi-cumi, diamkan sejenak agar umpan menancap dengan sempurna lalu tarik pelan dan konstan untuk mengurangi resik cumi-cumi terlepas. Ketika cumi-cumi sudah dekat segera angkat cumi-cumi menggunakan jangkar atau jaring.

0 Response to "Cara Memancing Cumi-cumi"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *