Tips Mancing Ikan Pari dari Tepi Pantai - Pasiran

Ikan Pari atau yang juga biasa disebut dengan ikan “P” merupakan ikan konsumsi dan ikan target para pemancing yang cukup populer di Indonesia. Sama halnya dengan ikan hiu, ikan pari merupakan salah satu jenis ikan bertulang rawan.

Tips Mancing Ikan Pari dari Tepi Pantai - Pasiran
Ikan Pari
Terdapat banyak jenis ikan pari, ada yang hidup di laut dan juga yang hidup di sungai, Akan tetapi sebgaian besar jenis ikan pari hidup di laut tropis dan sub tropis dan memiliki racun yang sangat berbahaya dan mematikan. Racun ikan pari terdapat pada sengatnya yang biasanya terdapat pada ekor ikn pari, maka dari itu saat mancing dan mendapat ikan pari harus hati hati ketika memegangnya.

Pada artikel ini saya akan membahas cara mancing ikan pari, kususnya mancing ikan pari dari tepi pantai menggunakan teknik pasiran atau surf fishing. Jenis ikan pari yang sering memakan umpan para pemancing pasiran adalah ikan pari tuko atau biasa disebut dengan kecrek.

Umpan mancing ikan pari sebenarnya seperti ikan lainya, dan ikan bukanlah pemilih dalam masalah makanan. Mulai dari yutuk atau undur undur, cacing laut, ikan laut seperti ikan belanak, sesetan ikan tongkol, dan sesetan ikan kembung akan di sambar oleh ikan pari. Bahkan ikan pari juga doyan ikan air tawar. Malah, jika target mancing anda ikan pasri berukuran besar, umpan yang di arankan adalah belut, baik belut air tawar maupun belut laut sama killernya sebagai umpan ikan pari. Selain killer, belut juga awet jadi tinggal lempar lalu menunggu umpan dimakan, tidak perlu mengecek umpan sesering jika anda menggunakan umpan cacing laut atau undur undur.

Dalam memancing ikan pari sebaiknya menggunakan rangkaian engkle. Apalagi jika target mancing anda merupakan ikan pari berukuran jumbo dengan berat diatas lima kilogram. Rangkaian renteng juga dapat digunakan untuk mancing ikan pari, akan tetapi biasanya umpan akan di makan oleh ikan ikan kecil.

Pilihlah lebeng yang besar dan tembus, karena bisanya ikan pari memasuki perairan pantai untuk mencari makan melalui dan di daerah lebeng tersebut. Lebeng merupakan bagian tepi pantai yang dalam, dan kawasan ini biasanya air terlihat tenang tapi menghanyutkan alias berbahaya. Jadi jangan coba coba berenang di daerah lebeng.

Begitu umpan di makan oleh ikan pari, segera gulung reel anda secepat mungkin, jangan beri kesempatan ikan pari untuk menyentuh dasar air atau pasir. Jika ikan pari sampai menyentuh pasir, maka ikan pari akan dengan cepat mengubur dirinya di dalam pasir atau ngekop. Kalau ikan pari sudah ngekop,  butuh kesabaran ekstra untuk menaklukanya.

Terus bagaimana cara mengatasi ikan pari yang ngekop atau mengubur dirinya di dalam pasir.  Yang pertama adalah dengan menunggunya sampai kembali berenang kembali. Mungkin hal ini akan memakan waktu sampai berjam jam apalagi jika ukuran ikan pari sangat besar samapi berukuran puluhan kilogram. Tahan atau tancapkan pancing anda dengan posisi senar kencang dan setel drag reel agak kendor. Jika reel berderit kencang yang menandakan ikan pari kembali berenang segera kencangkan reel dan gulung senar secepat mungkin.

baca juga :

Jika ikan pari kembali menancapkan dirinya di pasir atau ngekop ulangi langkah di atas. Atau anda juga dapat menerapkan langkah ke dua di bawah ini.

Cara kedua mengatasi ikan pari yang menancapkan dirinya di dalam pasir yaitu dengan menghentak hentakan joran anda. Jika ikan pari merasa kesakitan biasanya ikan pari akan segera berenang ke atas air. Hal tersebut haru segera anda manfaatkan untuk menaklukan ikan pari.

Yang perlu di ingat, terdapat sengat beracun yang sangat mematikan di ekor ikan pari tuko atau kecrek.. segera potong ekor dan kubur sedalam mungkin di tempat yang aman agar sengat tidak mengenai anda tau orang lain. Jika anda tersengat segera dan secepat mungkin pergi ke rumah sakit terdekat.


0 Response to "Tips Mancing Ikan Pari dari Tepi Pantai - Pasiran"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *