Tips Mancing Ikan Surung

Ikan surung yang juga populer dengan nama ikan kuro dan ikan senangin merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang berhabitat di pantai berpasir. Ikan surung memiliki kumis yang terletak di bagian bawah mulutnya, mungkin lebih tepat dibut jenggot ya. Hehehe... Ikan surung memiliki tubuh memanjang dan dagingnya sangat tebal, maka tak heran surung dengan lebar lima jari sudah berbobot satu kilogram. Ikan surung juga memiliki hidung seperti ujung torpedo yang membuatnya dapat berenang di dalam air dengan cepat.
 
Tips Mancing Ikan Surung
Ikan Surung
Karena ikan surung hidup tidak jauh dari tepi pantai, ikan surung sering tertangkap nelayan yang menggunakan jala untuk menangkap ikan dari tepi pantai. Karena hal tersebut pula, ikan surung juga dapat di pancing dari tepi pantai menggunakan teknik surf fishing (pasiran) atau surf casting.

Untuk memancing ikan surung lebih efektif menggunakan rangkaian renteng. Cukup gunakan renteng dua dengan panjang masing masing renteng 50 cm. Meskipun anda juga bisa menggunakan rangkaian engkle, akan tetapi rangkaian tersebut kurang efektif, kecuali jika ukuran ikan surung besar besar yakni di atas satu kilogram.

Dalam memilih spot untuk mancing ikan surung mungkin sedikit berbeda dengan pemilihan spot untuk ikan target mancing pasiran lainya. Walaupun ikan surung merupakan ikan predator, ikan surung lebih mudah di pancing di daerah plataran dibanding di area lebeng. Kecuali ikan surung babon berukuran jumbo diatas satu kilogram.

Berbeda dengan rata rata jenis ikan target pasiran lainya yang lebih mudah di pancing ketika ombak cukup tenang yang ditandai dengan sedikitnya pasir yang bercampur dengan air dan sedikit busa. Ikan surung malah menyukai plataran yang cukup luas dan dalam, serta busa ombak cukup banyak. Selain itu, ikan surung juga sering masuk ke kawasan muara sungai.

Anda dapat menggunakan undur undur genjuri atauyutuk dan cacing laut sebagai umpan mancing ikan surung. Ikan belanak kecil atau sesetan daging ikan segar juga dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan surung, mengingat ikan surung juga merupakan ikan predator.

Ngomong ngomong soal ikan predator, ikan surung juga dapat di pancing menggunakan teknik casting lho. Artikel mengenai cara dan tips mancing ikan surung dengan teknik casting sudah saya tulis pada artikel sebelumnya dan dapat anda baca di blog ini.

Musim ikan surung biasanya ketika awal musim penghujan. Ketika air laut keruh karena bercampur dengan air sungai tidak menyebabkan ikan surung mogok makan, malah terkadang ikan surung malah lebih agresif. Akan tetapi jika anda memancing di kawasan muara sungai, saat air benar benar keruh kurang efektif untuk mancing ikan surung.

baca: 
Tips Casting Ikan Surung - Baleng - Senangin - kuro
Rangkaian Pasiran
Trik Mancing Bjojor - Ikan Kaca Piring

Waktu yang tepat untuk mancing ikan surung adalah malam hari. Ikan surung merupakan ikan yang aktif mencari makan di malam hari. Terus apa bisa mancing ikan surung di siang hari? Tentu saja bisa, walaupun kemungkinan untuk mendapat banyak ikan surung tidak sebanyak ketika mancing ikan surung di malam hari. Tetapi ketika cuaca sedang mendung, tidak menutup kemungkinan ikan surung lebih agresif.

Jika anda mancing ikan surung dan sepertinya umpan disambar akan tetapi tiba tiba tidak terasa atau pas umpan diangkat ternyata tidak ada ikanya. Itu kemungkinan besar ikan surung mocel atau mata kail tidak menancap pada mulut ikan dengan sempurna. Hal tersebut dapat diatas dengan menggunakan mata kail yang benar benar tajam. selain itu ketika menarik ikan surung tidak boleh terburu buru tapi pelan saja yang penting senar jangan sampai kendor. Mengingat mulut ikan surung bagian samping dan bawah mudah sobek.



0 Response to "Tips Mancing Ikan Surung"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *