Tips mancing Ikan Kecil

Beberapa jenis ikan, khususnya ikan air tawar ada yang tidak dapat tumbuh besar. seperti ikan uceng yang maksimal tumbuh sebesar jari orang dewasa, ikan wader atau lunjar dan ikan betok. Selain itu beberapa jenis ikan juga memiliki mulut yang sangat kecil, ikan sepat dan ikan siam misalnya.
 
Tips mancing Ikan Kecil
Ikan Uceng
Ikan kecil atau ikan bermulut kecil biasaya sangat sulit di pancing. Mungkin lebih mudah ditangkap menggunakan jaring, wuwu ataupun jala. Akan tetapi bagi para pemancing tentunya kesulitan untuk mancing suatu jenis ikan merupakan sebuah tantangan yang hasus di taklukan.

Memang sensasi mancing ikan kecil berbeda dengan sensasi saat bertarung dengan ikan predator berukuran besar seperti ikan marlin dan ikan giant travelly. Akan tetapi sensai dan kepuasan yang di dapat oleh para pemancing pun tidak kalah lho. Saya sendiri sagat suka mancing ikan uceng.

Mancing ikan kecil juga memerlukan alat pancing yang berukuran kecil juga. Umumnya mata kail yang dijual di pasaran berukuran 0,3, 0,5 , 0,8 bahkan ada yang berukuran 0,1. Carilah mata kail yang tajam, mata kail yang kurang tajam biasanya sangat susah menancap dengan sempurna pada mulut ikan alias bakal sering mocel.

Senar yang digunakan juga sebaiknya berukuran di bawah 0,10. Anda dapat menggunakan senar dengan ukuran 0,06 atau 0,08 untuk mengantisipasi ikan berukuran agak besar. Jika ikan target memang berukuran sangat kecil misal lunjar padi atau wader pari dan uceng. Anda dapat menggunakan senar dengan ukuran 0,03, meskipun senar dengan ukuran tersebut cukup langka.

Joran tegek merupakan joran yang sangat populer dikalangan para pemancing air tawar. Karena joran ini memiliki kelebihan dimana walaupun hanya ikan kecil yang menyambar umpan akan tetap tera. Apalagi jika ujung joran tegek sudah dimodifikasi dengan diganti entul. Sensasinya mantap abis pokoknya....

Untuk umpan anda dapat menggunakan cacing. Akan tetapi cacing seringkali susah di pasang pada mata kail berukuran kecil. Maka dari itu banyak pemancing yang menggunakan umpan racikan. Tentunya umpan racikan tidak kalah killer di bandi cacing, malah lebih keiller biasanya.

baca juga :

Umpan racikan biasanya berbahan dasar susu bubuk, tepung, roti cracker, roti tawa  atau tempe. Banyak resep racikan yang sudah saya tulis dalam beberpa artikel di blog ini. Anda bisa ,mencarinya di kolom pencarian. Di google juga bisa dengan menambahkan kata “kailbayu” pada keyword, misalnya umpan dari tempe kailbayu, umpan dari roti tawar kailbayu, umpan ikan bawal kailbayu.

Teknik dasaran dapat anda gunakan jika ikan yang anda pancing menghabiskan sebagian waktunya atau mencari makan di dasar air. Anda juga dapat menggunakan kambangan atau apungan berukuran kecil. Biasanya para pemancing menggunakan kambangan yang terbuat dari bahan dasar gabus atau sterofoam. Saya sendiri lebih suka tanpa pelampung, merasakan umpan dimakan ikan melalui getaran senar memberikan kepuasan tersendiri.



0 Response to "Tips mancing Ikan Kecil"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *