Tips Mancing Ikan Uceng

Ikan uceng (Nemacheilus fasciatus) merupakan ikan endemik Indonesia. walaupun ikan asli Indonesia ikn uceng memiliki nama keren lho, yakni Barred loach. Ikan uceng juga dikenal dengan nama yang berbeda di berbagai daerah yakni ikan tapa, ikan bulu,ikan uceng boso, ikan selusur tapa.

 
Tips Mancing Ikan Uceng tapa uceng boso selusur tapa
Ikan Uceng
Walaupun berukuran kecil ikan kecil ikan uceng memiliki rasa yang gurih dan enak sekali jika di goreng. Tarikan ikan uceng pun cukup menyenangkan, tidak kalah dengan ikan ikan lain di kelasnya. Mancing ikan uceng mungkin saja tidak semudah yang anda bayangkan mengingat ikan uceng mimiliki mulut yang kecil.

Ikan uceng memiliki bentuk bulat memanjang dan tidak dapat tumbuh lebih besar dari jari kelingking orang dewasa. Ikan uceng memiliki warna coklat dengan motif loreng di tubuhnya. Ikan uceng juga memiliki kumis yang pendek di mulutnya.

Ikan uceng biasanya berhabitat di suangai sungai berarus deras di pegunungan. Sangat jarang ikan uceng di temukan di rawa maupun danau, karena ikan uceng menyukai sungai dengan dasar yang berbatu atau berpasir. Terkadang ikan uceng terlihat menmpel secara vertikal di bebatuan.

Cara mancing ikan uceng cukup sederhana. Yang menjadi kunci keberhasilan dalam mancing ikan uceng adalah mata kail yang digunakan. Gunakan mata kail dengan ukuran 0.5 atau 0.8 saja. Mengingat ikan uceng memiliki tubuh dan mulut yang kecil. Gunakan ukuran senar di bawah 0.10 mm. Semakin kecil senar yang anda gunakan maka semakin baik.

Sedangkan untuk joran yang digunakan bebas, bahkan anda dapat menggunakan bambu. Akan tetapi joran tegek akan memberikan sensasi yang mantap tentunya. Pilihlah joran tegek yang lentur, akan lebih mantap jika ujung joran di ganti dengan entul.

Umpan yang digunakan untuk mancing ikan uceng tidak serumit umpan mancing ikan wader. Mulai dari cacing, umpan sulur, bahkan bakwan akan di santap oleh ikan uceng. Cukup gunakan umpan kecil saja, yang terpenting dapat dikaitkan pada mata kail.

baca juga :

Selanjutnya memilih spot mancing ikan uceng. Ikan uceng biasa hidup berkelompok. Jika anda memancing saat air jernih mungkin akan lebih mudah saat memilih spot. Tetapi jika air keruh, carilah dasar sungai berpasir dengan arus tidak terlalu deras jika sungai spot anda memancing uceng banyak terdapat bebatuan besar. uceng juga biasa berkumpul di belakang batu besar berlindung dari arus sungai yang deras. Anda juga dapat menyebarkan sedikit umpan anda agar ikan uceng berkumpul.


Karena ikan uceng cenderung berada di dasar air, anda dapat menggunakan teknik dasaran. Anda juga bisa menggunakan kambangan, yang terpenting umpan tidak jauh dari dasar air atau dibiarkan menyentuh dasar air saja.

0 Response to "Tips Mancing Ikan Uceng"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *