Tips dan Umpan Mancing Ikan Sogo/ Baung



Ikan baung atau lebih di kenal dengan nama ikan sogo di kalangan para pemancing di Jawa Tengah dan Jogja merupakan ikan yang mirip dengan ikan lele. Sekilas ikan sogo sangat mirip dengan ikan keting, tapi sebenarnya berbeda. Anda dapat mengamati sendiri perbedaan ikan keting dan ikan Sogo. Memang sulit membedakan ikan sogo dan ikan kating bagi mereka yang jarang melihat kedua jenis ikan tersebut.
Tips dan Umpan Mancing Ikan Sogo/ Baung
Anak Ikan Sogo

Spot mancing ikan sogo di Jogja yang paling potensial adalah sungai progo.Sungai Prgo dan beberapa sungai besar di Jawa Tengah menjadi tujuan utama para pemburu ikan sogo. Ikan sogo banyak di cri pemancing karena rasanya yang enak dan jarang ada yang menjualnya. Selain itu tarika ikan sogo juga mantap.

 Seperti saudaranya yakni ikan lele, ikan sogo atau ikan baung aktif mencari makan di malam hari. Ikan sogo lebih mudah ditemui ketika musim penghujan. Apalagi ketika hujan baru saja reda, dan air sungai berwarna coklat atau keruh. Ikan sogo akan sangat lebih mudah di pancing, tidak hanya itu ikan sogo yang keluar pada sat saat tersebut umumnya berukuran besar besar.  

Ikan sogo, atau ikan baung menyukai jenis umpan dengan bau menyengat. Berikut ini merupakan umpan umpan favorit atau umpan yang paling sering dan ampuh digunakan untuk mancing ikan sogo.

Usus Ayam

Umpan yang paling ampuh dan sangat disukai ikan sogo adalah usus ayam. Memang usus ayam tanpa perlu diolah sudah cukup untuk digunakan mancing ikan sogo. Akan tetapi ada trik khusus untuk mancing ikan sogo menggunakan usus ayam.

Usus ayam yang di biarkan membusuk lebih ampuh dan sangat disukai ikan sogo atau baung. Aroma menyengat dari usus yang sudah busuk tersebut akan memanggil ikan sogo yang sedang berkeliaran menacari makan.

Keong Mas

Keong Mas atau juga biasa disebut dengan nama gondang oleh para petani merupakan umpan ikan sogo yang patut anda coba. Keunggulan dari umpan keong mas adalah umpan keong mas atau gondang lebih awet dan tidak mudah hilang. Jadi anda tinggal lempar umpan dan menunggu umpan disambar tanpa perlu mengecek umpan sesering menggunakan umpan usus.

Cacing

Cacing merupakan umpan yang simple tetapi cukup jitu untuk mancing ikan sogo. Hampir semua jenis cacing dapat digunakan untuk mancing ikan sogo akan tetapi jenis cacing unthel lebih disukai ikan sogo. Selain itu jika anda menggunakan cacing unthel anda berkesempatan mendapat bonus ikan sidat atau pelus.

baca Juga:

Yuyu / Kepiting Sungai

Yuyu atau kepiting sungai juga merupakan umpan ikan sogo yang mampu menarik perhatian ikan sogo atau bikan baung berukuran babon alias besar. Yuyu kepi dan yuyu yang baru saja berganti cangkang memiliki aroma yang lebih menyengat yang akan menggoda ikan sogo.

Mari sekarang beralih ke teknik mancing ikan sogo.
Ikan sogo merupakan ikan yang lebih sering mencari makan di dasar air, jadi teknik dasaran lebih cocok digunakan untuk mancing ikan sogo. Cukup menggunakan satu mata kail dalam mancing ikan sogo.


Yang perlu diingat, seperti kebanyakan ikan berkumis lainya, ikan sogo memiliki duri patil yang tajam. Sehingga anda harus hati hati dalam menangani ikan sogo ketika memancing. Jangan sampai tangan anda atau anggota tubuh anda lainya terkena duri atau patil ikan sogo.

0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Ikan Sogo/ Baung"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *