Tips dan Umpan Mancing Ikan Sili


Ikan sili merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki tubuh indah. Jadi jangan heran jika anda menjumpai ikan sili di toko aquarium dan ikan hias. Terdapat berbagai jenis ikan sili dengan berbagai warna yang hidup di Indonesia.
 
Saat ini ikan sili memang sedikit susah untuk di temui atau di dapat di bilang cukup langka. Akan tetapi di sungai sungai tertensu, ikan sili masih cukup banyak, misalnya di sungai Progo di Jogja.

Tips dan Umpan Mancing Ikan Sili
Ikan Sili
 Ikan sili menyukai spot yang dalam dan berbatu, kalu orang jawa bilang di “kedung” dengan arus yang tidak terlalu deras. Akan tetapi ikan sili juga tidak menyukai perairan tanpa ada arus seperti rawa ataupun danau. Jadi jika anda akan memancing ikan sili pilihlah spot berupa sungai yang cukup dalam dan berarus, akan tetapi srus sungai tidak terlalu deras serta sungai dengan dasarnya berupa bebatuan atau berpasir. 

Ikan sili sangat suka menempel atau bersembunyi di bawah batu batu besar. Ikan sili juga seringkali membenamkan tubuhnya kedalam air. Salah satu karakter ikan sili adalah tidak menyukai spot dengan panas matahari menyengat. Jadi ikan sili sangat cocok bagi anda yang tidak suka memancing dibawah terik sinar matahari.

Gunakan mata kail nomor satu atau dua (ukuran keci) mengingat mulut ikan sili tidak terlalu besar. untuk ukuran dan warna senar tidak terlalu berpengaruh. Gunakan teknik dasaran, mengingat ikan sili termasuk jenis ikan yang lebih sering menghabiskan waktu di dasar air.

baca


Anda dapat menggunakan cere atau cacing sebagai umpan ikan sili. Pilihlah cacing yang kecil dan berwarna merah, seperti cacing kristal atau cacing sawah merupakan umpan jitu mancing sili.
Akan tetapi, sebenarnya masih ada umpan ikan sili yang lebih ampuh, yaitu udang. Anda dapat menggunakan udang mati. Cara  menggunakanya yaitu kupas udang dan cukup ambil dagingnya saja. Udang yang sudah berwarna merah atau sudah busuk kurang diminati ikan sili. Sebaliknya udang hidup merupakan umpan yang paling disukai ikan sili.

Anda dapat mencari udang hidup di kali atau membelinya. Cara memancing ikan sili menggunakan udang hidup yaitu pasangkan kail pada ekor udang. Sehingga udang tidak mati. Udang yang di gunakan adalah udang yang berukuran kecil atau sering di sebut udang rebon atau udang krosok.

Lempar umpan ke dekat bebatuan besar. Lempar umpan berlawanan dengan arus air, ikan sili biasanya bersembunyi dari arus yang deras di balik bebatuan. Walaupun ikan sili memang aktif mencari makan di malam hari, ikan sili juga dapat di pancing di siang hari.

Selamat Mencoba :D


 keyword spot mancing sili di jogja. mancing liar, mancing sili di alam liar, umpan ikan sili, umapan mancing sili, tips mancing sili, cara mancing ikan sili jitu

0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Ikan Sili "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *