Tips dan Umpan Mancing Ikan Grass Carp(Braskap) di Rawa/Danau


Ikan Grass Carp (Ctenopharyngodon Idella) atau yang lebih populer dikenal dengan nama braskap di kalangan mancing mania atau para pemancing merupakan salah satu ikan air tawar herbivora, yaitu pemakan dedaunan. Ikan grass carp atau braskap sudah banyak di budidayakan di Indonesia.

Tips dan Umpan Mancing Ikan Grass Carp(Braskap) di Rawa/Danau
Ikan Braskap hasil mancing di waduk sermo- kiriman di grup MKP
Mancing liar memang lebih mengasikan di banding mancing braskap di kolam. Di alam liar, ikan braskap menyukai perairan dengan arus tenang seperti di danau, rawa maupun sungai sungai besar dengan arus tidak terlalu deras. Di jogja sendiri ikan braskap dapat ditemui di sungai Progo dan Waduk sermo, serta beberapa sungai lainya.

Meskipun di alam liar populasi ikan braskap tidak sebanyak ikan mujair dan juga ikan tawes. Bahkan jarang pemancing jarang mancing dengan target utam ikan braskap. Bisa dibilang ikan braskap hanya sekedar bonus. Tetapi sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk mancing ikan braskap.

Jadi jangan khawatir tidak mendapatkan ikan, karena ikan braskap memiliki selera makan yang mirip dengan ikan braskap. Meskipun tidak mendapat ikan braskap, biasanya pemancing dapat ikan nila.


Untuk memancing ikan braskap gunakan senar yang kuat, mengingat ikan braskap mampu tumbuh hingga kurang lebih 20 kilogram dengan panjang lebih dari satu meter. Pilihlah senar berwarna bening transparan karena ikan braskap termasuk ikan yang sensitif.
.
Pilihlah spot dengan arus dan suasana tenang. Ikan braskap termasuk ikan yang sensitif jadi usahakan memilih spot rawa, danau maupun sungai yang jauh dari keramaian. Seringkali ikan braskap bersembunyi di balik kangkung, rumput maupun enceng gondok yang juga merupakan makan ikan braskap di alam.

baca


Ukuran mata kail menyesuaikan umpan dan gunakan mata kail lebih dari satu untuk mancing ikan braskap jika anda menggunakan umpan lumut, cukup menggunakan dua atau tiga mata kail. Jika menggunakan kangkung, dan dedaunan lainya anda dapat menggunakan mata kail lebih dari lima buah.

Umpan mancing ikan braskap terbilang cukup simple, anda tidak perlu meracik ini itu sebagai umpan. Anda dapat menggunakan lumut, sawi atau sayuran lainya sebagai umpan. Bahkan anda bisa menggunakan kangkung, enceng gondok atau rumput yang terdapat di sekitar spot anda memancing. P Seperti namanya, ikan Grass Carp memang merupakan ikan pemakan rumput.

Memancing ikan braskap lebih baik menggunakan teknik ngambang atau menggunakan pelampung/ apungan/ kambangan, mengingat ika braskap jarang sekali berada didasar air.

Selamat mencoba :D, yang perlu di ingat jangan berisik dan jaga ketenangan ketikan mancing braskap.


0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Ikan Grass Carp(Braskap) di Rawa/Danau"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *