Ikan Todak, Ikan bermulut Pedang

Ikan Todak (Xiphias gladius) merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki moncong yang panjang. Moncong Ikan todak dapt tumbuh hingga sepertiga tubuhnya ikan todak itu sendiri dan berbentuk seperti pedang yang pipih. Ikan todak dapat tumbuh hingga bobot 650 kg dengan tubuh panjang membulat seperti torpedo dengan panjang mencapai lebih dari empat meter. Ikan todak tidak memiliki sisik dan licin dengan warna tubuh bagian atas keunguan atau kebiruan dan tubuh bagian bawah berwarna keperakan. Habitat ikan todak umumnya berada di perairan tropis termasuk Indonesia .

Nama ilmiah ikan todak, yaitu gladius yang merupakan bahsa latin dari pedang diambl dari mulut ikan todak yang menyerupai pedang yang tajam dan panjang. Mulut ikan todak yang menyerupai pedang dan tubunya yang menyerupai torpedo memudahkan ikan todak berenang dengan cepat dan lincah di dalam air. Maka tak heran jika ikan todak mampu berenang dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam. Cepat bukan?

Ikan Todak, Ikan bermulut Pedang
Ikan Todak
Mungkin anda berpikir bahwa ikan todak menyerang mangsanya dengan menusuk menggunakan mulutnya yang menyerupai pedang. Tetapi anggapan itu tidaklah seratus persen benar. Dengan mengandalkan kecepatan ikan todak yang tinggi untuk mengejar mangsa, ikan todak akan memukul mangasanya dengan mulutnya sebelum memakanya, bukan menusuk.

Ikan todak menggunakan pedangnya untuk menusuk ketika mempertahankan dirinya dari serangan pemangsa. Ikan todak memiliki pemangsa? Ya, salah satu pemangsa ikan todak adalah ikan hiu. Meskipun ikan hiu mako sirip-pendek merupakan salah satu dari sedikit ikan yang cukup besar dan cepat untuk memangsa seekor ikan todak dewasa, namun ikan hiu tidak selalu berhasil memangsa ikan todak, bahkan malah kalah.

Dengan menggunakan ujung mulutnya yang tajam ikan todak kadang kdang berhasil menusuk ikan pemangsanya pada bagian perut atau ingsang yang menyebabkan ikan pemangsanya kalah atau menyerah.Untuk ikan todak yang masih muda memang masih rawan diserang oleh ikan predator pelagis lainya

Ikan Todak betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar di banding ikan todak jantan. Ikan todak betina mencapai usia dewasa pada umur empat hingga lima tahun. Sedangkan ikan todak jantan yang berumur tiga sampai empat tahun sudah memasuki usia dewasa.

Ikan todak merupakan salah satu jenis ikan yang berdarah dingin. Dari lebih dari 25 ribu  spesies ikan yang memiliki tulang sejati, hanya dua puluh dua jenis yang diketahui memiliki kemampuan untuk menghangatkan bagian tubuh tertentu di atas suhu air di habitatnya. Ikan todak merupakan salah satu dari ke dua puluh dua ikan jenis ikan tersebut. Meskipun ikan todak termasuk hewan berdarah dingin, mereka mempunyai organ khusus di dekat mata ikan todak yang  berguna untuk menghangatkan mata dan juga otak ikan todak. Dengan suhu mata dan otak yang lebih hangat 10 sampai 15 °C dari suhu air di sekitarnya. Membuat penglihatan ikan todak lebih tajam dan berguna dalam mengejar mangsanya.

baca :

Ikan todak bukanlah ikan yang hidup dan mencari makan secara berkelompok. Walaupun terkadang ikan todak terlihat berburu bersama kawananya, akan tetapi hal itu kemungkinan besar hanya kebetulan bertemu saja, biasanya ikan todak satu dengan yang lain berenang dengan jarak puluhan meter.

Ikan todak aktif di malam hari dalam mencari mangsa. Ikan todak seringkali terlihat naik di permukaan air dan terkadang melompat untuk menyergap mangsanya. Berbagai jenis ikan kecil bahkan ikan predator menjadi makanan utama ikan todak, seperti baracuda, makerel, tongkol, dan cumi cumi.

 Di siang hari ikan todak juga sering berenang di permukaan air untuk sekedar berjemur di bawah terik sinar matahari. Terkadang ikan todak juga terlihat melompat kesana kemari sambil membentangkan sirip bagian atasnya. Anda beruntung jika sedang berada di kapal dapat melihat keindahan ikan todak yang sedang melompat.


 referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Todak di akses 14/01/2017

0 Response to "Ikan Todak, Ikan bermulut Pedang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *