Unik! Jenis Ikan yang Dapat berjalan di Darat

Tahukah anda bahwa terdapat beberapa jenis ikan yang berada di darat? Pada umumnya ikan bernafas menggunakan ingsang. Namun beberapa jenis ikan memiliki organ yang membuatnya mampu untuk berjalan di daratan.

Jika anda mengira jenis jenis ikan tersebut ada di luar negeri, itu salah besar. jenis ikan yang dapat bernafas dan berjalan di daratan bawah ini semuanya ada di Indonesia. di Indonesia? ya benar sekali. Bahkan anda mungkin pernah melihatnya bahkan mengkonsumsi ikan ikan tersebut.
 
Unik! Jenis Ikan yang Dapat berjalan di Darat gabus ngeri muara rawa danau
ikan tembakul
Lalu ikan apa sajakah tersebut? Langsung saja berikut ini merupakan spesies ikan yang dapat berjalan di darat.

Ikan Lele

Ikan lele? Ya ikan lele memiliki organ selain ingsang untuk bernafas, yakni organ labirin. Organ labirin membantunya Bernafas di darat atau mengambil oksigen langsung dari udara. Maka jangan heran jika anda melihat penjual lele di pasar menempatkan ikan lele dalam wadah atau ember tanpa air, namun ikan lele masih tetap hidup. Dan mungkin juga anda pernah melihat ikan lele keluar dari embernya di pasar, dan membuat geger pasar karena ikan lele seolah berjalan berusaha melarikan diri dan mencari sumber air.

Sebenarnya terdapat banyak jenis ikan lele, namun sebagian besar dan mungkin semua ikan lele memiliki kemampuan tersebut. Bahkan ada ikan lele yang disebut sebagai walking catfish karena sering terlihat berjalan di daratan. Di Afrika ada salah satu jenis ikan lele yang dapat berjalan di atas darat, yaitu eel catfish. Sebenarnya bentuk ikan lele ini tidak menyerupai belut namun mirio dengan ikan lele pada umumnya. Hanya saja jenis lele ini memiliki mulut yang relatif lebih kecil dibanding jenis ikan lele lainya dan mulutnya menghadap kebawah seperti ikan sapu sapu.

Snakehead

Snake head, ikan berkepala ular? Ikan apa itu? Snake head merupakan sebutan yang cukup populer untuk ikan gabus atau ikan toman. Di indonesia sendiri ikan gabus juga memiliki banyak nama seperti ikan kutuk, ikan kocolan, ikan haruan dan masih banyak lagi. Ikan haruan di kenal dengan nama snake head karena memang kepala ikan haruan mirip dengan ular.

Ikan snake head, baik jenis gabus maupun toman merupakan ikan predator. Ikan ini juga memiliki organ suprabranchial atau organ labirin yang membuatnya dapat bertahan hiduptanpa air untuk beberapa saat. Sehingga ikan gabus juga mampu berjalan di darat dengan menggerakan tubuhnya. kemampuan ini sering dimanfaatkan ikan gabus untuk mencari habitat baru jika habitatnya kekeringan. Ikan gabus menyukai habitat dengan air tenang seperti rawa, danau, parit, waduk maupun sungai dengan air tenang.

Belut

Belut merupakan hewan yang mirip dengan ular. Walupun tubuhnya mirip dengan ular, namun belut merupakan ikan lho. Belut biasanya tinggal didalam lubang dan keluar untuk mencari mangsa dimalam hari. Belut memang jarang terlihat berjalan di darat, karena belut hanya keluar di malam hari. Selain itu belut tidak akan berjalan keluar jauh dari air.

Ikan Betok

Akhir akhir ini banyak artikel yang menyebar di media sosial mengenai ikan betok. Dengan judul judul mengerikan seolah ikan betok adalah ikan predator atau seolah ikan betok memiliki kemampuan super untuk berjalan di daratan. Sebenarnya ikan betok memang memiliki oragan seperti ikan gabus yaitu labirin yang membuatnya dapat bernafas didaratan.

Dengan sisiknya yang besar besar, serta tutup ingsangnya nya yang kuat, keras dan besar membuatnya seolah berjalan dengan dua kaki di daratan. Walau tampilan ikan betok sangat garang, sebenarnya ikan betok merupakan ikan yang ramah. Ikan betok dapat hidup berdapingan dengan berbagai jenis ikan, meskipun ikan tersebut jauh lebih kecil. Tidak percaya? Silahkan pelihara ikan betok di akuarium bersama jenis ikan lainya.

Ikan betokjuga dikenal dengan banyak nama yakni climbing perch, climbing gouramy, betik, menther, bethik dan papuyu atau puyu.
baca Juga


Ikan tembakul

Jika anda pergi ke kawasan muara sungai atau hutan bakau mungkin pernah melihat ikan yang melompat lompat di lumpur atau bebatuan. Ya ikan tersebut adalah ikan Tembakul. Ikan tembakul memuliki banyak nama yang berbeda disetiap daerahnya, yakni ikan timpakul, ikan tempakul, ikan gelodok, ikan belodok, ikan belodog, ikan blodog, ikan gabus laut dan ikan lunjat. Dalam bahasa melayu ikan tembakul dikenal dengan nama belacak. Dalam bahasa inggris ikan ini dikenal dengan nama mud skipper atau rock skipper. Di california ada ikan yang mirip dengan tembakul, entah masih satu spesies atau bukan yakni ikan wooly scupin.


Seperti halnya katak, ikan tembakul dapat bernafas memalui kulitnya. Ikan tembakul dapat berjalan dan melompat di daratan dengan mengandalkan kedua siripnya yang sangat kuat. ikan tembakul merupakan ikan yang dapat bertahan hidup paling lama dan paling sering berada didarat diantara jenis jenis ikan yang dapat berjalan di atas tadi. Ikan ini masih dapat tetap hidup didarat asalkan tubuhnya masih lembab atau basah. O iya, terdapat lebih dari tiga puluh jenis ikan tembakul lho.

0 Response to "Unik! Jenis Ikan yang Dapat berjalan di Darat"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *