Ikan Hias yang Bisa Dipelihara Tanpa Aerator (Pompa Oksigen)



MemeIihara ikan hias di akuarium identik dengan penggunaan aerator atau pompa oksigen. Yang paling di takutkan oleh para penghobi ikan hias adalah ketika listrik mati, apalagi jika mereka tidak memiliki aerator dengan sumber daya baterai, ikan hias pun terancam mati.
 
Ikan Hias yang Bisa Dipelihara Tanpa Aerator (Pompa Oksigen)
ikan cupang
Namun masih ada lho ikan hias yang cantik dan memeliharanya tanpa perlu menggunakan aerator atau pompa oksigen. Mungkin beberapa jenis ikan dibawah ini dapat anda jadikan alternatif peliharaan tanpa harus menggunakan aerator.

Terus jenis ikan apa saja yang dapat di pelihara tanpa aerator?

Ikan toman

Ikan toman merupakan ikan predator. Cocok bagia anda yang gemar memelihara ikan predator atau iwak galak. Ikan ini bentuknya mirip seperti ikan gabus, namun lebih agresif dan dapat tumbuh hingga puluhan kilogram.

Ikan toman dapat ditemui di rawa rawa atau danau. Namun kini sudah banyak yang menjualnya di toko akuarium dan ikan hias. Ikan toman juga memiliki labirin yang membuatnya memiliki kemampuan bernafas atau mengambil oksigen langsung dari udara.

Ikan Aligator

Pernah lihat ikan dengan mulut seperti buaya? Ya itulah ikan aligator. Sudah dapat di tebak dari mulutnya yang garang dan gigi yang tajam, ikan aligator juga merupakan ikan predator. Terdapat banyak jenis ikan aligator, namun jeni aligator gar lah yang cukup populer, mengingat ikan aligator gar dapat tumbuh hingga puluhan kilogram. Bahkan konon katanya mampu tumbuh hingga memiliki bobot ratusan kilogram.

Ikan aligator juga memiliki daya tahan hidup yang cukup kuat. ikan aligator dapat hidup di akuarium meskipun tanpa aerator.

Ikan Cupang

Ikan cupang dikenal sebagai ikan yang kuat dan memiliki warna yang cantik. Warna ikan cupang sangat beranekaragam, mulai dari pink, merah, hijau, biru dan berwarna warni. Meskipun bukan termasuk jenis ikan predator, ikan cupang dikenal dengan ikan yang garang. Ikan cupang merupakan ikan teritorial dan tiak segan menyerang ikan yang memasuki area yang dianggap wilayahnya. Maka dari itu ikan cupang umumnya dipelihara dalam wadah khusus,, biasnya hanya dengan toples.


Ikan Platy

Ikan platy atau juga sering disebut dengan nama ikan bety merupakan ikan hias berukuran kecil dan cantik. Ikan ini sangat cocok untuk di pelihara dalam jumlah yang banyak di akuarium

Ikan bety termasuk jenis ikan yang mudah di budidayakan. Selain itu ikan ini dapat dipelihara meskipun di akurium yang tidak terpasang aerator. Oh iya, jangan kaget ya jika ikan platy di akuarium anda bertambah banyak dengan sendirinya. Ikan platy memang mudah dan cepat sekali berkembang biak.

Ikan Molly

Seperti halnya ikan platy, ikan molly juga sangat mudah berkembang biak dngan cepat. Ada dua jenis ikan molly, yakni ikan molly biasa dan ikan molly balon. Ikan molly balon memiliki perut yang besar seperti balon.

Ikan komet

Ikan komet memang termasuk jenis ikan yang dapat di pelihara tanpa menggunakan aerator. Namun ikan komet memerlukan tempat yang cukup luas, jika dipelihara di akuarium, sebaiknya jangan terlalu banyak. Ikan komet masih bersaudara dengan ikan mas koki lho. Warnanya juga beraneka ragam dan cantik seperti ikan mas koki.
baca juga 


Ikan lele

Selama ini ikan lele di kenal sebagai ikan konsumsi, namun beberapa jenis ikan lele dikenal sebagai ikan hias lho. Mungkin kurang populer, bahkan beberapa masyarakat ada yang menganggap lele putih sebagai jelmaan jin. Namun kini lele putih atau lele bule sudah banyak yang membudidayakan dan dijual bebas di toko akuarium dan ikan hias. Memang warna lele tidak sepenuhnya putih, namun cenderung berwarna merah atau ping.

Ikan Guppy                                                       

Seperti halnya ikan platy dan ikan molly, ikan guppy termasuk jenis ikan yang kecil. Ikan guppy memiliki daya tarik pada corak warnanya yang indah, terutama bagian ekornya. Ketika berenang ikan guppy ekor ikan guppy bergerak dengan anggunya.




Ikan ikan di atas merupakan ikan yang dapat di pelihara didalam akuarium, bahkan di toples tanpa menggunakan pompa oksigen atau aerator. Jika anda memiliki atau mengetahui jenis ikan lainya bisa anda tambahkan pada kolom komentar. Terima kasih :D

0 Response to "Ikan Hias yang Bisa Dipelihara Tanpa Aerator (Pompa Oksigen)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *