Spot Mancing di Kulon Progo – Mancing Sembari Bertamasya



Kabupaten Kulon Progo merupakan Kabupaten paling barat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu sedang berlibur di Jogja anda wajib datang Ke Kulon Progo. Di Kulon Progo banyak terdapat wisata yang menarik dan Indah. Dalam artikel ini akan saya sebutkan beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi, khususnya wisata air yang dpat anda kunjungi bersama keluarga anda.
Spot Mancing di Kulon Progo – Mancing Sembari Bertamasya spot potensial
Pemancing bersama Ikan Gatho hasil pancinganya di pantai Glagah Indah

Aktivitas memancing memang bisa menjadi alternatif liburan anda bersama keluarga. Selain dengan biaya murah dan dapat menikmati pemandangan yang indah. Sensasi strike ikan bersama keluarga atau sahabat anda tercinta tentunya merupakan pengalaman yang tak terlupakan sekaligus dapat menghilangkan stress anda.

Langsung saja berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata air yang dapat anda nikmati sembari memancing di Kulon Progo.
Waduk Sermo

Siapa yang tidak tahu waduk sermo? Waduk Sermo merupakan waduk terbesar di Kulon Progo. Waduk yang juga dimanfaatkan sebagai sumber Air PDAM ini menjadi tempat wisata yang populer di Jogja dan juga habitat bagi berbagai jenis ikan. ikan apa saja yang ada di waduk sermo? Di waduk sermo anda dapat menjumpai ikan red devil yang catik, ikan nila yang lezat, ikan gabus bagi para caster dan ikan betutu atau ikan gabus malas yang banyak dijual di restoran restoran mewah.

Bukan hanya itu saja di waduk sermo juga ada ikan bandeng, urang watang atau lobster air tawar, ikan pelus atau juga terkenal dengan nama ikan sidat dan masih banyak lagi.

Pantai Glagah Indah

Mau mancing di laut? Pengen Casting? Mencari spot popping di Kulon Progo? Anda wajib datang ke pantai glagah indah. Berbagai jenis umpan hidup maupun umpan tiruan dapat digunakan di sini. Jika anda ingin menikmati sunset dan debuaran ombak anda bisa mancing pasiran di pantai Glagah Indah.

Ingin spot mancing yang lebih menantang? Pemecah ombak glagah tempatnya. Jika anda ingin  menikmati anginspoi spoi bersama keluarga disarankan mancing di laguna pantai Glagah Indah. Bukan hanya itu saja, anda juga dapat berburu ikan ikan muara di muara kali Serang. Anda dapat menggunakan teknik casting di semua spot di pantai Glagah Indah. Asik bukan?

 Pantai Congot

Pantai Congot merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan utama para wisatawan, baik lokal maupun asing. Pantai congot terletak di ujung barat provinsi DI Yogyakarta. Ikan apa saja yang ada di congot? Banyak jenisnya, anda dapat memancing di muara sungai Bogowonto. Mulai dari ikan belanak sampai ikan predator seperti baramundi, mangrove jack dan giant travelly ada disana.

Ingin memancing di pantai? Bisa, pantai Congot terkenal dengan ikan ikanya yang besar. Tidak jarang orang mendapat ikan pari berukuran jumbo, ikan gatho dan ikan caru atau ikan travelly. Bagi anda yang ingin menikmati suasana memancing sembari menikmati sunset yang romantis, disarankan untuk memancing di kawasan muara.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove yang terletak di ujung barat Kulon Progo, merupakan dua dari htan mangrove yang menjadi obyek wisata di Jogja. hutan mangrove Kulon Progo terletak di desa Pasir Mendit, di sebelah barat pantai Congot.

Hutan mangrove ini terhubung langsung dengan muara sungai Bogowonto. Jadi anda bisa bayangkan sendiri jumlah ikan yang ada di sana. Mulai dari ikan air tawar seperti ikan sidat dan ikan air payau seperti ikan baramundi , ikan mangrove jack ikan kiper, ikan baronang, ikan belanak ada di sana. Bahkan di hutan mangrove Kulon Proho juga menjadi habitat ikan laut seperti ikan kerapu, ikan kakap merah, ikan kakap batu sampai dengan ikan giant travelly.

Umpan apa yang digunakan untuk mancing di hutan mangrove kulon Progo? Udang hidup dan ikan cocok untuk amncing ikan predaot disana. Umpan racikan cocok untuk mancing ikan kiper dan ikan hampala. Selain itu anda juga dapat menerapkan teknik casting menggunakan umpan tiruan atau lure di sini.

Dermaga Pelanuhan Tanjung Adikarto

Pelabuhan tanjung adikarto merupakan pelabuhan ikan yang terletak di desa Karang wuni, sebelah timur pantai Glagah Indah. Dermaga yang juga terletak di muara sungai Serang ini merupakan tempat wisata yang asyik dan syahdu. Menikmati anginspoi spoi atau indahnya sunset menjadi daya tarik dermaga Tanjung Adikarto. Selain itu, lokasi yang bersih menjadi salah satu spot mancing yang cocok untuk mancing di malam hari.

baca juga


Pantai Trisik

Pantai trisi merupakan pantai paling timur di Kulon Progo. Pantai yang juga menjadi muara sungai progo ini memang terkenal menjadi obyek wisata sekaligus tempat mancing yang potensial. Salah satu spot mancing yang potensial adalah pantai trisik itu sendiri. Selain itu muara sungai Progo juga terkenal dengan ikan yang besar besar dengan tarikan yang mantab abisss.  Akhir tahun 2016 lalu di pantai Trisik sedang musim ikan giant travelly atau ikan caru. Salah satu videonya ada di blog ini lho....

Sungai Progo

Bagi anda yang suka petualangan, sungai progo menjadi tempat mancing yang saya rekomendasikan. Mulai dari ikan pelus, ikan wader, tawes sampai ikan hampala nya besar besar di sana. di sungai Progo juga menjadi habitat ikan nila badot atau ikan nila besar dan ikan grasskap atau ikan pemakan rumput.


0 Response to "Spot Mancing di Kulon Progo – Mancing Sembari Bertamasya"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *