Kali Progo, Spot Keren Mancing Liar di Jogja



Jika anda warga jogja, pastilah pernah mendengar nama sungai Progo atau lebih di kenal dengan nama kali Progo. Ya, kali Progo merupakan salah satu sungai besar yang melintasi Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi batas wilayah kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Tak lengkap rasanya jika anda penggemar mancing liar belum pernah mancing di sungai Progo.
mancing mania liar di jogja- kali progo
kali Progo- sumber foto : wikipedia


Mari kita bahas potensi mancing liar di kali Progo. Mulai dari apa dulu ya?... ok kita mulai saja saat air kali progo sedang keruh atau banjir. Saat air kali Progo Keruh mancing malam hari jadi lebih menantang, apalgi kita dapat berkesempatan meladeni perlawanan ikan ikan monster sungai Progo yang melegenda. Apalagi kalau bukan ikan sidat. Di sepanjang sungai progo menjadi habitat ikan sidat dengan bobot hingga puluhan kilogram.
Di mana spot sidat di sungai progo yang potensial? Di sepanjang sungai progo masih sangat menjajikan. Namun jika anda mencari spot sidat yang super mantab, tinggal cari spot yang dalam dengan air agak tenang (kedung) dan tempatnya yang horor. Biasanya di situ di huni oleh ikan sidat monster atau lebih di kenal dengan nama pelus. Tapi harus hati hati ya, penulis tidak bbertanggung jawab jika hal hal yang tidak diinginkan terjadi lho. Safety first!!!
Selain ikan sidat masih ada dua jenis ikan yang populer saat air kali Progo keruh, yakni ikan sogo dan ikan beles. Ikan sogo merupakan ikan baung. Ikan baung di sungai progo besar besar lho. Sedangkan ikan beles merupakan sejenis ikan tawes dan juga dikenal dengan nama ikan bader.
Lanjut saja ketika air kali progo bening alias jernih. Ketika air sungai progo jernih, mari kita berpetualang menyusuri kali progo dengan berbagai teknik mancing dan fight dengan berbagai jenis ikan monster.
Ikan gabus dan ikan beles merupakan target ikan yang dapat anda casting di kali Progo. Namun satu ikan yang paling fenomenal di kali Progo adalah ikan palung. Ikan palung yang juga dikenal dengan nama ikan hampala menjadi daya tarik kali Progo. Saat air kali Progo jernih, maka di sepanjang kali Progo kita dapat menjumpai para caster memainkan lurenya. Harap harap cemas lurenya dapat kembali ke tangan bersama ikan hampala. Maklum saja ikan hampala di kali Progo besar besar, dan task segan segan menghajar lure sampai patah atau sekedar merusak treeble.
Selain casting ikan palung, anda juga dapat menggunakan berbagai teknik dengan berbagai macam umpan di Kali Progo. Karena ikan di Kali Progo sangat lengkap, seperti ikan uceng, ikan sili, ikan putihan, ikan wader, ikan braskap, ikan nila dan masih banyak lagi. Umpan andalan berbagai jenis ikan seperti cacing tentunya dapat digunakan. Mau mencari ikan herbivora? Silahkan gunakan lumut. Jika mau yang simple, anda dapat menggunakan pelet ikan.
Tapi pernahkah anda mancing dengan menggunakan umpan rumput?  Kalau belum, silahkan ke Sungai Progo. Ikan nila dan ikan braskap siap menyantap rumput yang anda sajikan. Mantap pokoknya. Jenis rumput apa yang dapat digunakan untuk umpan? rumput blembem, tidak perlu bingung mencarinya, karena rumput ini banyak tumbuh di pinggiran kali Progo. Rumput ini memiliki daun kecil dan panjang panjang. Selain itu batangnya juga sepeti bambu namun kecil sebesar lidi.

Bgaimana dengan muara kali Progo? Ya sudah dapat di tebak jika ikan muara di sungai Progo besar besar. ikan samanganti, ikan luthok dan ikan ikan laut lainya seringkali masuk ke kawasan muara kali Progo. Bukan hanya itu saja, ikan nila dan ikan mujaer berukuran besar tak jarang dapat kita jumpai di sini. Mengingat ikan ikan tersebut memiliki toleransi yang tinggi terhadapa kandungan garm.

0 Response to "Kali Progo, Spot Keren Mancing Liar di Jogja"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *