Pantai Baron – dari Belanja hingga Rockfishing

Jika seseorang di suruh menyebutkan nama nama pantai di Gunung Kidul, sebagian dari mereka akan menyebutkan nama Pantai Baron diantaranya. Ya, pantai Baron merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul dan merupapakn pantai yang sudah terkenal sejak lama. Sebelum obyek obyek wisata di Gunung Kidul berkemang pesat dan populer seperti saat ini, pantai Baron merupakan tujuan utama par wisatawan yang akan berwisata ke Gunung Kidul atau Jogja.

Pantai Baron  terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi Jarak Pantai Baron dengan kota Jogja kurang lebih 40 km. Nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber. Baron Skeber dulu pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini.
rock wfshing dan berburu oleh oleh di pantai Baron
Pantai Baron - Sumber

Pantai Baron merupakan pelabuhan nelayan. Seperti sebagian besar pelabuhan nelayan di Gunung Kidul, pantai baron merupakan pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang. Inah bukan. Selain itu pantai baron menjadi tujuan utama wisatawan untuk berburu oleh oleh seafood, baik ikan segar maupun yang sudah matang. Jenis ikan yang tersedia di pantai Baron sangat lengkap dan murah, selain karena ikanya langsung dari para nelayan, hal ini juga dikarenakan pantai Baron selalu ramai oleh pengunjung.

Pantai baron juga sangat populer bagi para angler lho, terutama bagi para pecinta mancing karangan atau rock fishing. Sudah sejak dulu pantai Baron terkenal sebagai sarang ikan ikan monster penghuni karang seperti ikan kakap dan ikan kerapu. Selain itu ikan predator permukaan air seperti tengiri, ikan giant travelly atau ikan kuwe dn ikan barakuda dapat dipancing di sini.

Salah satu alasan mancing di pantai baron selain spotnya yang sangat potensial adalah lokasinya strategis. Akses yang mudah serta tidak jauh dari kota Wonosari menjadi pilihan utama para pemancing Karangan. Jika anda pergi berkunjung ke pantai Krakal atau Indrayanti, pantai Baron ada di sebelah barat pantai pantai tersebut.
 baca Juga:


Fasilitas di pantai Baron juga sudah lengkap sejak lama. Tempat parkir yang aman juga sudah tersedia sejak dulu, selain itu jarak spot memancing dari tempat parkir juga tidak jauh. Mungkin hanya membuthkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke spot.

Terus apalagi yang menjadi daya tarik pantai Baron bagi para pemancing? Umpan yang mudah di dapat. Para pemancing bisa membeli umpan ikan atau udang yang masih sangat segar di pantai Baron. Sudah menjadi rahasia umum bagi pemancing jika kunci keberhasilan mancing karang atau rockfishing salah satunya adalah kesegaran umpan.

Saat pergi memancing di pantai baron jangan lupa siapkan piranti yang mumpuni, senar dengan diameter besar dan kuat serta mata kail yang kuat harus anda persiapkan dari rumah. Mengingat tarikan ikan ikan laut di sini tidak bisa dianggap enteng, terutama bagi anda yang baru pertama kali mancing karangan.







0 Response to "Pantai Baron – dari Belanja hingga Rockfishing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *