Faktor yang Mepengaruhi Keberhasilan Mancing?



Apa anda pernah bertanya tanya, faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam memancing? faktor keberuntungan kah? Atau ada faktor lainya?
Faktor yang Mepengaruhi Keberhasilan Mancing?cuaca beruntung bejo alat pengalaman


Apa anda pernah memancing bersama teman teman, teman teman anda mendapat banyak ikan sedangkan anda hanya sedikit atau bahkan tidak mendapat ikan sama sekali? Atau sebaliknya? Sebaiknya anda baca artikel ini sampai tuntas, karena saya akan membahasnya. Seperti biasa, artikel ini versi kailbayu lho ya. Jika anda punya pendapat lain silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah artikel ini :D.

Faktor faktor di bawah ini saling berkaitan satu sama lain. Misalnya dalam memilih umpan kita kan meperhatikan caca dan kondisi alam. Memilih teknik mancing juga memperhatikan jenis umpan dan spot, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam memancing sehingga mendapat ikan banyak?

Spot

 Menurut saya spot menjadi faktor yang tidak boleh dikesampingkan dan sangat mentukan keberhasilan kita dalam memancing. Dengan pemilihan spot yang tepat, tentunya semakin besar pula harapan dan kesempatan kita untuk mendapat ikan banyak dan besar besar. spot mancing sangat berpengaruh terutama jika anda memancing di alam liar.

Seperti yang kita ketahui, setiap jenis ikan menyukai spot dengan karakter tertentu. Misalnya saja ikan air tawar, ada jenis ikan yang menyukai air tenang tenang seperti danau atau di rawa, dan ada juga yang menyukai perairan dengan arus deras seperti di sungai. bukan hanya itu saja, dalam memilih spot memancing kita juga harus mempertimbamgkan kedalaman, warna air, sedang musim ikan apa di spot tersebut.

Cuaca

Cuaca mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku ikan, khususnya dalam mencari makan. Panas matahari, mendung, hujan, petir, angin, ombak dan lain sebagainya tidak dapat dipungkiri lagi bahwa faktor faktor tersebut berpengaruh terhadap kesuksesan kita dalam memancing

Pengaruh cuaca terhadap perolehan mancing sudah saya bahas dalam postingan sebelumnya. Silahkan anda mencarinya di blog ini :D.

Umpan

Umpan akan sangat terlihat pengaruhnya ketika anda mancing bersama sama dengan seseorang yang menggunakan umpan mancing yang berbeda. Baik itu umpan buatan, umpan racikan, umpan tiruan maupun umpan alami sangat berpengaruh terhadap ikan. maka tak heran jika banyak yang mencari di google mengenai umpan mancing.

Mungkin anda pernah menggunakan salah satu keywod untuk mencari umpan di google seperti umpan ampuh, umpan jitu, umapan palsu yang bagus, warna umpan yang baik untuk ikan, aroma yang disukai ika, dan masih banyak lagi. Iya nggak? Hehehe. Hal itu salah satu bukti jika umpan mancing menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam memancing ikan.

Teknik

 Teknik mancing ikan juga menjadi kunci utama agar berhasil mendapat ikan target memancing kita dengan ukuran yang besar dan jumlah yang banyak. Setiap jenis ikan memiliki karakter yang berbeda dalam cara mencari makan dan cara makan. Selain itu kemampuan ikan berenang serta fisik ikan itu sendiri juga berpengaruh.

Misalnya jika ikan adalah yang suka mencari makan di dasar air tentunya lebih efektif menggunakan teknik dasaran. Lain lagi jika ikan itu cenderung berada di permukaan air, makan teknik ngambang atau casting menggunakan umpan tipe top water lebih efektif.

Lalu apa yang di maksud dengan kemampuan ikan? kemampuan ikan berenang dan menangkap mangsa misalnya. Sebagai contoh kemampuan ikan senangin atau yang juga disebut dengan ikan kuro atau surung. Tidak efektif jika teknik casting yang kita gunakan adalah fast retrieve. Karena ikan surung termasuk ikan yang tidak tepat sasaran dalam menyambar umpan. berbeda halnya dengan ikan gt, ikan gt lebih agresif jika umpan tiruan kita retrieve dangan sangat cepat.

Kondisi fisik ikan surung yang mulut bagian sampingnya mudah sobek juga membuat kita harus benar benar memperhitungkan setiap pompaan dan hentakan joran.

Alat pancing

Mengapa alat pancing dibuat dan didesain dengan berbagai macam bentuk dan ukuran? Salah satu alasanya adalah untuk memudahkan kita dalam memancing. semakin mudah dan nyaman alat pancing yang kita gunakan tentunya semakin besar pula kita mendapatkan ikan yang banyak.

Rasa

Bukan hanya rasa umpan yang menjadi  faktor penting yang mempengaruhi hasl kita dalam memancing. tetapi perasaan kita ketika memancing juga berpengaruh. Ntah bagaimana pengaruhnya tetapi setahu saya semakin tenang pemancing semakin besar kesempatan mendapatkan ikan. bahkan orang tua saya berpesan kepada saya bahwa ketika memancing harus tenang, sabar tidak emosi dan grusa grusu.

Baca Juga


Pengalaman

 Semakin besar jam terbang pemancing maka semakin tahu karakter ikan yang ia pancing. Bahkan tidak sedikit para pemancing yang mampu memprediksi jam berapa ikan akan makan umpan dan di mana posisi ikan. seperti mbah dukun ya...

Selain itu, pengalaman juga membantu seorang pemancing dalam menghadapi perlawanan ikan. kapan harus menghentak joran, kapan harus menggulung senar dengan cepat dan lain lain.
Keberuntungan

Keberuntungannn...... jika ada yang bertanya hal apa yang menentukan keberhasilan dalam memancing, sebagian besar dari anda mungkin akan menjawab keberuntungan. Mau cuaca badai, mau pake senar besar, mau senar kecil kalu sudah beruntung ya tentunya mendapat ikan banyak. Hehehe. Iya nggak?


Maka dari itu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah selalu berdoa sebelum, saat dan setelah memancing agar kita senantiasa mendapat keberuntungan dalam memancing. Selain itu harus bersyukur berapapun ikan yang kita dapat.

0 Response to "Faktor yang Mepengaruhi Keberhasilan Mancing?"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *