Mancing di Kali Bogowonto

Sungai Bogowonto atau Bhagawanta merupakan sebuah sungai besar sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sungai bogowonto melewati tiga kabupaten yaitu kabupate Wonosobo, kabupaten Magelang dan kabupaten Purworejo sebelum bermuara di Samudera Hindia. Sungai Bogowonto Juga menjadi perbatasan antara provinsi Jawa tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Mancing di Kali Bogowonto wikipedia muara congot casting
kali bogowonto

Kali ini saya akan membahas potensi ikan di kawasan sungai Bogowonto.  Mungkin nanti saya akan lebih banyak membahas bagian sungai bogowonto yang dekat dengan kawasan muaranya. Karena saya lebih sering mancing di sana hehe.

Seperti sungai sungai besar di daerah selatan pulau Jawa lainya, sungai bogowont kito juga menjadi tujuan para pemancing pelus atau ikan sidat berukuran besar. Sungai yang dalam dan tak pernah kering menjadi sarang idaman bagi ikan pelus. Jangan lupa, siapkan senar yang kuat jika anda ingin berburu pelus.

Ikan palung juga dapat kita temui di sungai Bogowonto lho. Namun ikan palung dapat kita temui jauh dari kawasan muara, paling tidak 5 km. Karena ikan palung menyukai perairan yang benar benar tawar. Di sana anda juga dapat menemui ikan sili, ikan betutu, ikan melem, ikan sogo atau baung dan masih banyak lagi.

Kita mendekat ke bagian muara sungai. sssstttt ada spot andalan para pemancing di sungai bogowonto ini. yakni di utara pasar sebelum jembatan congot. Jika anda menemui pohon johar di tepi sungai, sekitar disitulah sarang mangar atau kakap bakau berada. Selain itu spot ini juga cocok untuk mancing belanak menggunakan umpan lumut.

Bukan hanya itu saja, ikan pelus atau sidat juga sering menyantap umpan pemancing. Jadi ya jangan heran jika anda berniat mancing mangar tapi dapatnya ikan sidat lho ya. Hehe. Sekitar seratus ,eter di utara spot ini, tepatnya pada tikungan sungai juga menjadi rumah idaman bagi ikan kakap bakau. Gerombolan ikan tarpoon juga sering terlihat disini.

Eits... ada yang lupa. Di sini spot andalan saya mancing udang galah atau oleh penduduk sekitar dikenal dengan nama urang watang. Mari kita berjalan ke arah barat. Stop di jembatan congot. Baik di utara maupun selatan jembatan congot menjadi spot mancing liar yang sangat menjajikan. Khususnya mancing ikan muara seperti ikan kiper, ikan kakap, ikan mangar, ikan belanak, dan ikan luthok.

Ketika malam minggu dan pada hari minggu atau hari libur lainya jangan sampai kesiangan maupun kemalaman jika ingin mancing di sini. Apalagi ketika air jernih atau sedikit keruh dan cuaca cerah, bakal nggak kebagian tempat mancing lho. Hehe.

Kita lanjut berjalan ke muara sungai Bogowonto atau lebih di kenal dengan nama mjara Congot. Yaaa suasana sunset yang romantis menjadi bonus  bagi pemancing yang mancing bersama keluarganya di sini. Ikan laut seperti ikan gt, ikan surung, ikan kkerapu, ikan kapuran dan lain lain sering masuk ke kawasan muara congot. Apalagi ketika air sedang pasang. wah mantab pokoknya, bisa pesta strike.

 baca juga


Ikan kapuran atau ikan bekukon dan ikan baby gt akan mencari makan hingga kawasan spot mancing sor johar (bawah pohon johar ) tadi. Yang terpenting air sungai tidak terlalu keruh saja. Begitu juga dengan ikan luthok, namun ketika air keruh ikan luthok lebih agresif. Ikan luthok di kawasan muara congot terkenal besar besar dan saat musimnya tiba yakni pada saat air keruh, jangan kaget kalau pesta strike ikan luthok di sini ya.

Pada saat hari libur muara congot ramai oleh pengunjung, jadi hati hati ketika melempar umpan. dan jika berniat mancing di malam hari, jangan sampai kemalaman datang apalagi saat hari libur. Kemungkinan besar muara congot dipenuhi oleh para pemancing baik dari Jogja maupun dari purworejo.

bagaimana dengan hutan mangrove di sebelah barat muara congot? mancing di kawasan hutan mangrove tersebut sudah saya bahas dalam artikel saya beberapa minggu yang lalu. silahkan cari dengan keyword hutan mangrove kulon progo di kotak pencarian di atas :D



2 Responses to "Mancing di Kali Bogowonto"

fishernan said...

Sekarang kalah dengan nelayan setempat, di selatan jembatan sudah dipasang jala membentang dari timur ke barat :-(

Kailbayu said...

Gk terlalu berpengaruh kok,masih banyak spot yang dpat kita pilih. Ikan ikan besar,seperti mangar biasanya juga berada di pinggiran.. :D

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *