Kulon Progo- Gudangnya ikan gabus di Jogja


Mari kita bahas lagi mancing liar di Jogja. mancing liar lagi ya, maklum... kailbayu sangat jarang mancing di kolam dan cenderung lebih menyukai mancing liar. Kali ini kita akan membahas spot ikan gabus di Jogja, khusus nya di kabupaten Kulon Progo, kabupaten paling barat di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jika berbicara spot ikan gabus di Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan spot spot mancing liar ikan gabus di Kulon Progo. Mengingat potensi ikan gabus di Kulon Progo masih cukup menjajikan, walaupun tidak semelimpah 5 tahun yang lalu. Kita kerucutkan lagi tema artikel kita hari ini yakni spot casting ikan gabus ya.
Kulon Progo- Gudangnya ikan gabus di Jogja   jump frog spinner propeller hard soft frog
jump frog- ikan gabus
Baru baru ini mancing ikan gabus menggunakan teknik casting sangat populer di Kulon Progo. Bukan hanya caster ikan gabus dari kabupaten yang memiliki makanan khas Geblek itu saja, namun juga dari daerah sekitarnya. Mari kita bahas spot spot ikan gabus yang menjajikan dan patut anda coba.
Waduk Sermo
Kita mulai dari utara, yakni waduk Sermo, sebuah waduk buatan terbesar di Kulon Progo. Waduk yang berada di barat daya kota wates ini menjadi primadona caster ikan gabus. Terang saja, di sini di huni oleh ikan ikan gabus berukuran super mantap. Teknik casting memang lebih efektif digunakan di waduk Sermo. Spot yang luas dan banyak pilihanya juga memungkinkan anda menerapkan teknik fly fishing lho.
Congot
Pernah ke pantai Congot? Casting ikan gabus bukan di pantainya lho. Hhe.. jika anda melihat sungai besar di congot, yakni kali Bogowonto. Silahkan cari sungai kecil di seblah timur kali bogowonto yang juga berumuara di kali Bogowonto. Jika anda melewati jl Jogja-Purworeja, sungai ini berada di timur jalan tepat setelah tikungan menuju arah pantai Congot.
Laguna Pantai Glagah
Jika anda pernah ke pantai Glagah Indah tentunya pernah melihat sebuah laguna unik di tepi pantai ini. Dulunya, laguna pantai glagah terhubung langsung dengan kali Serang. Banyak orang tidak menyangka jika terdapat banyak ikan gabus di laguna yang berada sangat dekat dengan pantai ini. Mengingat ikan gabus merupakan ikan air tawar. Tidak percaya? Silahkan coba casting di sini. Saking banyaknya ikan gabus di sini, ikan gabus juga terdapat di rerumputan yang terdapat air di utara parkiran laguna ini lho.
Jalan Daendels
Casting ikan gabus di jalan? Tentunya tidak, melainkan di sungai dan saluran irigasi di sampaing kanan dan kiri jalan. Tepatnya di sekitar jalan Daendels. Dari arah pantai Glagah silahkan menyusuri jalan Dendels ke timur sampai melewati tikungan tajam atau biasa disebut letter s  oleh penduduk lokal. Anda akan menjumpai sungai kecil di utara jalan, dan semakin ketimur anda akan menjumpai sungai besar dan saluran irigasi. Di sanalah tempat persembunyian babon babon ikan gabus. Penasaran? Silahkan coba :D


***ambil ikan secukupnya ya, dan bantu jaga kelestarianya. Agar anak dan cucu kita dapat menikmati sensasi tarikan ikan gabus mancing liar!

0 Response to "Kulon Progo- Gudangnya ikan gabus di Jogja "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *