Tips Jitu Mancing Ikan Betutu/ Gabus Malas

Ikan Betutu (okyeleotris marmorata) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang harganya cukup mahal. Habitat ikan betutu ada di danau, rawa dan sungai yang arusnya tidak kencang. Ikan betutu memiliki banyak nama, diantaranya ikan boso, ikan bloso, ikan boboso, ikan gabus bego, ikan gabus malas dan mungkin masih ada nama lainya.

Tips Mancing Ikan Betutu/ Gabus Malas


Sebenarnya ikan betutu merupakan ikan yang mudah di pancing. Jadi untuk memancing ikan betutu hal yang paling utama adalah menentukan titik dimana ikan betutu berada. Ikan betutu biasanya hidup menyendiri atau berpasangan. Jarang ikan betutu hidup secara berkelompok, terutama ikan betutu berukuran besar.

Jadi jika anda sudah mendapat ikan betutu berukuran besar di satu titik lemparan, anda dapat melempar umpan di tempat yang berbeda. Tetapi di hari berikutnya, mungkin titik tersebut sudah terisi lagi. Karena ikan betutu akan mencari titik yang paling nyaman untuk berdiam diri.

Sesuai dengan namanya, ikan yang juga di kenal dengan nama gabus malas ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar sungai atau di pinggir sungai menanti mangsa. Jika anda akan mancing ikan betutu carilah spot danau atau rawa yang dalam. Jika mancing ikan betutu disungai carilah sungai yang memiliki kedung yang dalam.

Sesuai dengan karakter ikan betutu yang malas, teknik yang digunakan untuk memancing lebih baik menggunakan teknik dasaran atau glosor dimana umpan mancing ikan betutu menyentuh dasar sungai. Jika menggunakan pelampung, pastikan umpan hampir menyentuh dasar sungai.

Umpan yang paling di sukai oleh ikan betutu adalah cacing berukuran besar, seperti cacing unthel dan cacing kalong. Udang, jangkrik atau serangga lainya bisa di jadikan alternatif umpan mancing ikan betutu. Yang perlu diingat ikan betutu tidak memakan dedaunan atau lumut.

Gerak gerakan umpan untuk menarik perhatian ikan betutu. Karena ikan betutu hanya akan berdiam diri, tidak suka mondar mandir mencari mangsa. Kalau mangsa sudah terlihat baru ikan betutu akan menyergapnya.

Ikan betutu memiliki mulut yang lebar, jadi gunakan mata kail yang lebar seperti mata kail yang digunakan untuk mancing ikan gabus. Jika mata kail terlalu kecil, maka kemungkinan besar mata kail akan tertelan.

Saat ini ikan betutu cukup sulit dicari, mungkin itu sebabnya harga ikan betutu di restoran cukup mahal. Ikan betutu juga di kenal sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki rasa yang lezat. Selain itu, ikan betutu juga memiliki pertumbuhan yang cukup lambat, akan tetapi ikan betutu dapat tumbuh dengan ukuran lebih dari satu kilogram.


Jangan di tanya bagaimana rasanya tarik menarik dengan ikan betutu berukuran besar, tentunya mantab. Ikan betutu berukuran besar biasanya dapat ditemukan di rawa atau danau. Selamat memancing dan semoga strike..



0 Response to "Tips Jitu Mancing Ikan Betutu/ Gabus Malas"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *