Cara Memperbaiki Click Gear Washer


Dalam postingan ini saya akan berbagi cara memperbaiki click gear washer pada reel spinning. Tentunya, dalam tips kali ini saya akan membagikan tips cara termurah dalam meperbaiki click gear washer pada reel spinning yang pernah saya praktekan sendiri. Jika anda punya tips trik tambahan bisa anda tambahkan pada komentar lho.
cara agar reel berderit. nama bagian reel kriiik atau berderit
reel spinning

Apa sih click gear washer, saya sendiri juga baru saja mengetahui nama tersebut setelah mengeceknya di dalam gambar kardus reel saya. Semoga tidak salah ya. Yang pasti, yang saya maksud dalam artikel ini adalah sebuah bagian di dalam spool reel spinning yang akan berbunyi atau berderit jika spool tersebut berputar. Sederhananya bagian reel yang mengeluarkan suar krik kriikkkkk saat spool berputar.

Click gear washer berfungsi sebagai pertanda jika spool reel berputar seiring keluarnya senar atau kenur pancing. Bisa karena umpan dimakan ikan atau saat menghadapi perlawanan ikan. biasanya pemancing mengatur drag pada kekuatan tertentu sehingga spool akan berputar jika beban yang diterima lebih besar dari besar pengaturan drag tersebut.

Tentunya sangat merepotkan bukan jika suara tersebut hilang. Kita tidak bisa mengetahui dengan mudah jika senar keluar dari spool. Apalagi jika anda pemancing surf fishin atau pasiran. Suara tersebut biasanya juga dijadikan alarm jika umpan di makan ikan.

Saya tidak tahu pasti, ada berapa jenis model atau tipe click gear washer pada reel spinning, namun sejauh ini selama saya membongkar reel spining terdapat tiga jenis click gear washer. Jenis yang pertama click gear washer dengan peer atau pegas. Click gear washer jenis kedua hanya terbuat dari sebuah besi tipis dan panjang dan yang ketika cukup rumit menjelaskanya. Click gear washer yang ketiga menempel pada pinion gear dan buka pada spool. Dan suara krrikk atau deritan dihasilkan dari gesekan click gear washer dengan spool itu sendiri.

Cara Meperbaiki Suara krrikk Pada spool reel Tipe 1

Mari kita mulai dari cara memperbaiki spool reel agar kembali mengeluarkan suara krriiik atau agar kembali berderit pada jenis click gear washer yang pertama, yakni yang menggunakan peer atau pegas. Peer atau pegas tersebut biasanya hilang karena mental pada saat reel tersebut dibongkar atau patah karena berkarat.

Reel dengan harga murh biasanya emang masih menggunakan pegas yang terbuat dari besi. mungkin ada juga yang menjual pegas atau spare part reel tersebut. Namun jika anda ingin menggantinya dengan biaya seminim mungkin dan murah, saya ada tipsnya.

Tipsnya adalah carilah korek gas yang masih menggunakan batu api sebagai penghasil percikan api. Ciri ciri korek gas tersebut adalah masih menggunakan roda besi yang diputar untuk menyalakanya. Peer atau pegas ini biasanya terdapat dibawah batu korek tersebut. Silahkan di bentuk atau di potong sedemikian rupa agar sesuai dengan spool reel anda.


Cara Agar Reel kembali berderit tipe 2

Tipe kedua yang saya maksud adalah tipe reel yang hanya menggunakan besi tipis sebagai penghasil suara. Bagaimana ya menjelaskanya. Coba saja perhatikan spool reel anda, siapa tahu anda tahu yang saya maksud. Biasanya penghasil suara derit reel satu ini rusak karena patah.

Sebenarnya cara memperbaiki spool reel ini dapat dimanfaatkan untuk kedua tipe click drag washer tersebut. Lagi lagi saya akan memberikan tips reparasi reel yang murah meriah ala kailbayu.
Cara Memperbaiki suara kriikk pada reel
cara memperbaiki click drag washer

Pertama tama yang anda butuhkan adalah kaleng biskuit bekas atau kaleng susu. Caranya cukup mudah anda tinggal memotong kaleng tersebut dan membentuknya seperti click drag washer yang lama dan tinggal menmpelkanya dengan menggunakan lem atau mengganti click drag washer yang lama. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar. Mudah bukan?
baca juga


Memperbaiki Click Gear washer Tipe ke 3


Untuk click gear washer yang ketiga saya memang belum pernah memperbaikinya. Karena reel yang dengan jenis spool ini belumpernah rusak bagian tersebut. Padahal reel pertama saya dan juga termasuk reel murah lho. Click gear jenis ini dapat dibilang sangat awet menurut saya. Jika rusak, mungkin anda dapat menggantinya dengan click gear washer tipe ke dua dan menmabhakan part click gear. Click gear merupakan ring bergerigi yang terpasang pada pinion gear. Yang dipasang sebelum atau dibawah spool reel.

2 Responses to "Cara Memperbaiki Click Gear Washer "

Unknown said...

bagai mana cara memperbaiki reel viking 7000 limit d edition yg los tidak mau mengunci bolak baliknya

Kailbayu said...

kemungkinan itu ada kawat peer yang sudah patah

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *