Apa Ikan juga Tidur?




Ngomong ngomong masalah ikan, mungkin anda pernah bertanya tanya, apakah ikan juga tidur? Kenapa ikan tidak pernah menutup matanya? Mengapa ikan tidak bisa menutup matanya? Apa ikan bisa menguap? Apa ikan tidak capek karena tidak tidur?

Sebenarnya ikan itu bisa tidur lho. Mungkin anda pernah mengamati ikan hias di akuarium anda. Ikan ki, ikan mas koki, ikan cupang, ikan gupy atau jenis ikan apa yang anda pelihara? Apapun jenis ikanya, hampir semua jenis ikan tidak dapat menutup matanya meskipun ikan sedang tidur. Bukan karena tidak mau lho ya, tapi karena ikan memang tidak bisa menutup matanya.
 
Apa Ikan juga Tidur? cara ikan tidur menutup mata menguap
ikan lele
Kelopak mata pada manusia dan hewan berfungsi sebagai pelindung dari debu dan cahaya yang terlalu silau. Sedangkan ikan hidup di dalam air, yang notabene matanya selalu basah dan bebas dari debu. Selain itu ikan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung, namun sinar matahari tentunya akan akan melewati media air terlebih dahului. Jadi mata ikan akan terus terbuka sepanjang hari dan sepanjang hidupnya.

Terus bagaimana cara ikan tidur? Mungkin sekilas bagi orang awam seperti kita, ikan dianggap tidak pernah tidur karena tidak menutup matanya. Dan memang cara ikan tidur berbeda dengan jenis hewan lainya dan manusia. Menurut para ilmuwan, ketika tidur gelombang otak ikan akan berubah, yang menandakan aktivitas otak ikan menurun. Ketika itulah ikan sedang tidur.

Sebenarnya kalau kita benar benar mengamatinya, ketika ikan sedang tidur aktivitas dan gerakan ikan juga menurun. Anda dapat mengamati ikan hias anda di akuarium atau pergi ke sungai, dermaga, kola laut dengan air yang jernih. Cara paling mudah mengamati ikan tidur adalah mencari jenis ikan nocturnal di siang hari. Ikan nocturnal adalah spesies ikan yang melakukan sebagian besar aktivitasnya di malam hari, termasuk keluar sarang dan mencari makan.

Di siang hari ikan yang melakukan aktivitasnya di malam hari akan berada di sela sela batu, karang, dasar air, kayu dan lain sebagainya. Di sana ikan akan beriam diri. Dan mungkin ikan sedang tidur, bahkan mangsa yang lewat didepanya akan di cuekkin. Saya sendiri sering mengamati ikan mangar atau kakap bakau berdiam diri di sela sela batu beton di dermaga.

Jika anda mengamati ikan di akuarium, mungkin cara ikan tidur berbeda. Ada juga jenis ikan yang tidur dengan berenang di tempat, hanya ekor dan siripnya sedikit bergerak. Ada juga jenis ikan yang berdiam diri di dasa air. Dan mungkin anda pernah melihat ikan lele mengambang dan ikan sidat berbaring seolah mereka sudah mati? Mungkin saja ikan tersebut sedang tidur. Namun beberapa jenis ikan ada yang terus bergerak ketika sedang tidur, hal tersebut untuk menjaga atau mendapatkan suplai oksigen. Tentunya ciri ciri ikan yang sedang tidur dan berapa lama ikan tidur berbeda pada setiap jenis ikan.
 baca juga


Perbedaan paling mencolok ketika ikan tidur dengan hewan lainya adalah ikan tidak pernah menutup mata. Dan ketika ikan tidur, ikan umumnya tidak kehilangan kesadaran mereka sepenuhnya. Ada juga yang berpendapat, di habitat liar ikan dipenuhi oleh pemangsa. Jadi ikan harus tetap terjaga.

Terus kapan ikan tidur? Di malam hari atau siang hari? Setiap jenis ikan tentunya berbeda. Ada yang siang hari dan ada juga yang malam hari. Namun bagi pemancing, pasti mengetahui beberapa jenis ikan jarang mau makan di siang hari, yaitu umumnya ikan nocturnal. Mungkin saja ikan nocturnal atau ikan yang banyak beraktivitas di malam hari akan tidur di siang hari.


Terus apakah ikan bisa menguap? Jawabanya ikan memang tidak bisa menguap. Manusia dan hewan yang dapat menguap bernafas menggunakan paru paru. Sedangkan ikan bernafas menggunakan ingsang. Jadi ikan tidak bisa menguap.
 
jadi kesimpulanya ikan dapat tidur, karena ikan juga dapat kelelahan atau kecapekan. Ikan tetap bisa tidur walau tidak dapat menutup matnya. Selain tidak dapat menutup matanya ikan juga tidak dapat menguap.


0 Response to "Apa Ikan juga Tidur?"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *