Ikan Torani si Ikan Terbang


Pernah mendengar nama ikan torani? Mungkin sebagian besar dari anda belum pernah, namun pernahkah anda mendengar nama ikan terbang? Ya, ikan torani memang lebih populer dengan nama ikan terbang. Mengapa ikan torani disebeut dengan ikan terbang? Mari kita bahas dan kita pelajari ikan torani. :D
 
Ikan Torani si Ikan Terbang   Torani Flying Fish
Ikan Torani

Ikan torani mendapat julukan ikan terbang atau flying fish  karena memiliki kemampuan untuk terbang di atas air. Apakah ikan terbang benar benar bisa terbang? Sebenarnya tidak, ikan terbang hanya melompat di atas air. Namun karena dapat melompat dengan jauh serta memiliki sirip seperti sayap, ikan torani memang terlihat seperti sedang terbang diatas air ketika melompat.

Terdapat kurang lebih 50 spesies ikan terbang, yang paling besar hanya memiliki panjang 45 cm. Namun walau tubuhnya hanya tergolong kecil ikan terbang rata rata melayang sejauh lima puluh meter. Dow jauh bukan? Bukan hanya itu, ikan terbang mampu melompat dan melayang di atas air sejauh 400 meter  dengan ketinggian hampir dua meter. Tak salah memang jika ikan torani di juluki sebagai ikan terbang.

Ikan terbang hidup di laut. habitatnya tersebar luas di samudera dengan iklim tropis dan subtropis seperti Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Ikan torani tergolong dalam kelompok ikan pelagis yaitu ikan yang jarang menghabiskan waktu di dasar air.

Bentuk ikan terbang seperti ikan pelagis pada umumnya, yakni memiliki tubuh pipih memanjang sekilas menyerupai torpedo yang memudahkanya berenang dengan cepat. Dengan warna punggung bagian atas biru tua dan bagian perut berwarna putih keperakan. Ciri khas ikan terbang adalah memiliki sirip yang menyerupai sayap ketika di bentangkan.
 baca Juga


Sirip dada seperti sayap yang lebar yang umumnya berwarna putih dan dua sirip perut yang lebih kecil. Jadi ketika sedang melayang ikan terbang seolah memiliki empat sayap.Ikan Tembakul, Ikan 

Lalu apa tujuan utama ikan torani melompat dengan jauh? Sebenarnya ikan torani melompat untuk menyelamatkan diri atau menghindari dari terkaman ikan predator yang lebih besar seperti ikan tenggiri, ikan giant travelly, barakuda, lumba lumba dan beberapa jenis ikan predator lainya. Ikan torani akan melayang beberapa detik di atas permukaan air danselanjutnya akan kembali ke air. Jadi ikan torani sebenarnya tidak dapat terbang seperti burung.


Sebenarnya ikan terbang kurang populer di kalangan para pemancing. Karena umumnya pemancing dilaut lebih memilih menangkap ika  predator yang lebih besar seperti ikan Marlina dan ikan giant travelly. Namun ikan torani menjadi buruan utama para nelayan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena telur ikan torani memiliki harga yang sangat mahal.

0 Response to "Ikan Torani si Ikan Terbang "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *