Mancing Ikan Bojor di Pantai (Pasiran)



Ikan bojor merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di pantai berpasir. Ikan bojor di kenal dengan banyak nama diantaranya adalah ikan, Ikan Bolos, Ikan Pasir Pasir, ikan kaca piring, Silver Silago, Swachiam/ Suachiam, Sand Whiting dan mungkin memiliki nama lain di daerah anda. Ikan bojor juga merupakan ikan konsumsi yang tentunya sangat lezat. Coba anda cari di google dengan keyword ikan kaca piring maka yang ada di halaman mensin pencari adalah kumpulan resep memasak ikan kaca piring atau ikan bojor.

Mancing Ikan Bojor di Pantai (Pasiran)
ikan bojor/ kaca piring
Berbeda jika anda menggunakan keyword ikan bojor di mesin pencari maka yang paling banyak keluar adalah artikel tentang mancing pasiran atau surffishing. Di mana para pemancing pasiran lebih mengenal ikan tersebut dengan nama ikan bojor. Mancing pasiran yakni sebuah aktifitas atau teknik memancing yang di lakukan dari pantai berpasir.

Selain karena rasanya lezat, ikan bojor jadi target para pemancing ikan ini dapat di pancing sepanjang tahun. Memang pada musim musim tertentu ikan bojor lebih mudah di pancing akan tetapi dapat di pancing kapan saja, bahkan saat air laut sedang pasang surut. Selain itu getaran pada senar ketika ikan bojor memakan umpan tentunya membuat para pasiraner kangen dengan sentuhan ikan tersebut.
Habitat ikan bojor adalah kawasan pantai berpasir maka mancing ikan bojor pun di lakukan di kawasan pantai berpasir (pasiran) dan bukan di pantai karang (rockfishing). Ikan bojor biasa hidup di perairan yang dangkal. Maka jika anda hendak memancing ikan bojor carilah daerah atau bagian pantai yang dangkal. Biasanya daerah tersebut di sebut dengan plataran.

Tidak jarang ikan bojor masuk kedalam kawasan muara sungai. Saya pernah mendapat ikan bojor banyak dan besar besar ketika memancing di muara sunga serang di Glagah, Kulon Progo.

Ikan bojor biasa hidup secara berkelompok, jadi jika anda menemukan titik berkumpul ikan bojor kemungkinan anda akan mendapatkanya dalam jumlah yang banyak. Gunakan timah yang cukup berat yakni diatas 80 gram agar umpan dapat stabil. Ketika umpan sudah dimakan ikan bojor, maka gulung reel pancing secara perlahan dan tetap. Jangan sampai membuat rombongan ikan bojor kaget dan berpindah tempat.

Jika anda melihat pemancing mendapat banyak ikan bojor, anda bisa mendekatinya. Mungkin di sana titik ikan bojor berkumpul.

Untuk peralatan yang digunakan untuk mancing ikan bojor anda dapat menggunakan perlengkapan pasiran standar yang dapat anda baca pada artikel tips trik dan Teknik memancing pasiran/Surffishing Jika target anda hanya ikan bojor, gunakan senar ukuran 0.23 mm – 0.26 mm. Senar kecil lebih besar potensi strikenya dan sensasinya pun lebih terasa. Resikonya jika di makan ikan besar kita harus sabar ketika menghadapi perlawananya.

Sebenarnya ikan bojor dapat dipancing kapan saja, tetapi biasanya lebih galak  pada malam hari dan ketika air laut sedang pasang. tetapi pada intinya ikan bojor dapat di pancing kapan pun, pada siang hari pun kalau kita lempar umpan pas pada rombongan ikan bojor pun akan plung nyot. Ikan bojor paling banyak di temui ketika musim penghujan.

Untuk memancing ikan yang juga populer dengan nama ikan kaca piring ini gunakan rangkaian renteng tiga sampai lima. Panjang renteng yang efektif maksimal 25 cm. karena ikan kaca piring merupakan tipe ikan yang biasa hidup didasar air maka usahakan semua umpan berada didasar air, yakni dengan memposisikan ujung joran dibawah hampir menyentuh pasir.

Gunakan mata kail berukuran kecil dan tajam agar lebih mudah menancapa pada mulut ikan bermulut kecil ini. Mata kail khusus ikan bojor mirip dengan mata kail untuk udang, yaitu model bagong yang panjang. Akan tetapi anda cukup menggunakan mata kail biasa saja, mengantisipasi jika ada ikan jenis lain yang akan memakan umpan anda.


Bagi anda pemburu ikan monster, anda silahkan mencoba menggunakan ikan bojor sebagai umpan. Ikan predator termasuk ikan giant travelly sangat menyukai ikan bojor.



0 Response to "Mancing Ikan Bojor di Pantai (Pasiran)"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *