Membuat Umpan Kucur Ikan Baung Jitu



Ikan baung atau juga akrab di sapa ikan sogo merupakan salah satu ikan berkumis. Seperti ikan berkumis pada umumnya ikan baung aktif mencari makan di malam hari atau di sebut sebgai ikan nocturnal. Di siang hari, ikan baung menghabiskan waktunya di tempat persembunyianya, seperti di sela sela batu di dasar sungai, akar akar pohon dan lubang lubang di dasar sungai.

anak ikan baung-sangat mirip dengan ikan keting
Bentuk fisik ikan baung menyerupai ikan luthok atau keting, perbedaan ikan baung dan ikan luthok memang sedikit sekali. Bagi yang belum pernah melihat salah satu dari kedua jenis ikan tersebut sangat sulit untuk membedakanya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah warna ikan keting yang cenderung hitam kemerahan sedangkan warna ikan baung cenderung hitam kekuningan. Akan tetapi ikan keting atau luthok yang masih kecil juga ada yang berwarna hitam kekuningan.

Untuk mancing ikan baung di siang hari memerlukan umpan yang berbau menyengat, agar ikan baung tertararik keluar dari persembunyianya. Salah satu umpan dandalan pemancing adalah umpan kucur atau umpan kocor. Umpan kucur memiliki bau yang sangat menyengat, jadi ketika menggunakanya disarankan untuk menggunakan masker dan kaos tangan dari karet.

Terus bagaimana cara membuat umpan kucur untuk ikan baung? Pertama tama siapkan bahan bahanya terlebih dahulu. Bahan utama untuk membuat umpan kucur adalah usus ayam, akan lebih baik jika usus ayam yang hanya dibersihkan kotoranya tanpa dicuci dengan air.

Tiap pemancing umumnya mempunyai bahan tambahan andalan tersendiri untuk membuat umpan ikan kucur. Umpan tambahan yang di kenal sangat ampuh adalah telur. Telur bebek lebih di rekomendasikan.

Selanjutnya sediakan botol plastik yang tebal. Masukan usus ayam dan telur bebek. Setelah itu tutup rapat dan kocok botol tersebut. Apakah umpan sudah siap digunakan ? belum!! Umpan kucur setidaknya harus di diamkan selama tiga hari sebelum digunakan.

Pastikan botol sudah tertutup dengan rapat. Kemudian kubur botol kedalam tanam selama tiga sampai empat hari. Campuran usus dan telur bebek yang sudah membusuk akan mengeluarkan aroma yang sangat disukai ikan baung.

baca Juga :

Tapi tenang, anda tidak harus memegang umpan kucur untuk menggunakanya. Caranya yaitu dengan memasang kapas pada mata kail. Rangkai dua mata kail dengan susunan bertingkat dengan jarak 1 cm. kemudian pasang kapas secukupnya dari ujung mata kail paling atas sampai mata kail yang bawah.

Tuangkan umpan kucur pada wadah, anda dapat menggunakan gelas plastik bekas air mineral. Celupkan mata kail yang sudah di pasangi kapas tadi lalu di putar putar. Umpan kucur siap di lempar ke sungai tempat ikan baung berada.


Mancing ikan baung di siang hari paling baik saat air sedang keruh. Saat itu ikan baung lebih agresif. Umpan kucur juga sangat jitu untuk mancing ikan baung di malam hari.

0 Response to "Membuat Umpan Kucur Ikan Baung Jitu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *