Mancing Ikan Talang Talang

Ikan Talang talang atau lebi sering disebut ikan talang saja merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang menjadi favorit para pemancing. Ikan talng talang biasa hidup bergerombol, dan sering terlihat di permukaan air dengan jumlah yang sangat banyak.

Mancing Ikan Talang Talang
Ikan Talang Talang

Ikan talang talang hidup di perairan tropis. Memang ikan talang talang tidak dapat tumbuh sebesar ikan marlin maupun ikan tenggiri, akan tetapi sensasi tarikan ikan talang talang tidak perlu di ragukan lagi. Ikan talang talang hanya dapat tumbuh hingga panjang tak lebih dari satu setengah meter. Meskipun ikan talang talang termasuk jenis ikan predator yang kecil di lautan, ikan talang talang tak segan segan untuk melompat dari air ketika berusaha untuk melepaskan diri dari mata kail. Ikan talang talang dapat tumbuh hingga berat 12 kilogram.

Mancing talang talang memang sangat mengasikan, apalagi ikan tlang talang yang biasa bergerombol dengan jumlah yang banyak memungkinkan kita untuk strike bertubi tubi alias plung nyot.

Ikan Talang talang lebih sering menghabiskan waktunya di atas permukaan air, maka dari itu mancing talang talang lebih efektif dengan ngoncer menggunakan umpan hidup jika anda mancing di atas kapal. Udang, ikan belanak, ikan tongkol sangat cocok untuk mancing ikan talang talang.

Mancing talang talang juga dapat menggunakan teknik casting maupun popping. Popper, minnow, spinner bahkan softlure akan di hajar oleh ikan talang talang jika lewat di depanya. Ikan talang talang memang di kenal sebagai salah satu jenis ikan yang agresif.

Ikan talang talang memang susah di pancing dari pantai atau menggunakan teknik surf fishing. Akan tetapi ikan talang talang masih bisa dipancing dari pinggir laut, yakni dari tebing atau mancing karangan dan dari pemecah ombak atau dermaga pelabuhan. Misalnya dari pemecah ombak pantai Glagah. Ikan talng talang juga sering terlihat di kawasan muara, akan tetapi ikan talng talang yang berada di sekitar muara umumnya berukuran kecil atau di bawah satu kilogram.

baca juga :


Untuk mancing ikan talang talang dengan ukuran di bawah satu kilogram lebih baik menggunakan umpan softlure. Anda dapat menggunakan rangkaian carolina rig jika anda mancing di pemecah ombak atau dari tebing karang.

Jika target mancing anda ikan talang talang berukuran besar, lebih baik menggunakan leader berupa kawat neklin. Gigi ikan talang talang cukup tajam, dan tak segan segan memutus senar pancing anda.

Jangan lupa menggunakan kaos tangan yang cukup tebal jika anda memancing ikan talang talang. Ikan talang talang memiliki bagian tubuh yang tajam. Hal ini  jarang sekali disadri oleh para pemancing. Maka dari itu harus hati hati ketika memegang ikan talang talang.


0 Response to "Mancing Ikan Talang Talang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *