Ikan Keting - Ikan yang Mudah untuk di Pancing

Ikan keting merupakan ikan berkumis yang berukuran kecil. Ikan keting memiliki banyak nama, antara lain ikan kating, ikan lundu, ikan ndaringan, ikan luthok, ikan berengit, ikan  sengat, ikan ririgi, ikan kelibere dan ikan senggiringan. Ikan keting pada umumnya berukuran sebesar jari orang dewasa, jika sudah berukuran besar ikan keting disebut sebagai ikan luthok. Ikan luthok sendiri mampu tumbuh hingga puluhan kilogram di laut.

Ikan Keting - Ikan yang Mudah untuk di Pancing umpan lundhu
ikan keting
Ikan keting sangat mirip dengan ikan baung atau ikan sogo. Ikan keting memilki kumisa dan tidak patil yang sangat tajam serta tidak memilki sisik.Ikan keting berukuran kecil dapat ditemui di sungai sungai berarus yang terhubung dengan muara sungai. ikan keting yang berukuran besar, yakni ikan luthok hidup di muara dan di laut.

Ikan keting merupakan ikan yang paling mudah di pancing, karena ikan keting merupakan ikan pemakan segala alias omnivora. Jadi semua jenis umpan akan di makan, kecuali umpan lumut dan dedaunan lainya.

Walaupun ikan keting merupakan pemakan segala dan segala jenis umpan di sambar, tentunya ada umpan yang paling disukai ikan keting. Ikan keting sangat menyukai umpan berbau amis, seperti cacing, undur undur genjuri dan udang.


Untuk mancing ikan keting yang terpenting mata kail harus tajam, mengingat bagian atas mulut ikan keting cukup keras. Jika mata kail tumpul, maka kail akan sulit menancap. Para pemancing sering kali sebal karena umpan apungan atau kambangan tenggelam tapi ikan tidak nyangkut di kail.

Terus kapan waktu yang tepat untuk mancing ikan keting? Ikan keting sangat banyak di awal musim penghujan. Saat musim ikan keting, ribuan bahkan mungkin jutaan ikan keting terlihat memadati aliran sungai yang masih dekat dengan muara. Dan bukalah hal mustahil jika ember anda penduh dengan ikan keting dengan cepat.

Waktu mancing ikan keting juga bebas. Jadi mau mancing ikan keting siang ataupun malam hari sama bagusnya.

baca juga

Ikan keting biasanya di olah dengan cara di goreng garing. Akan tetapi tidak sedikit orang yang tidak menyukai ikan keting. Salah satu alasanya karena ikan keting dianggap sebagai pengganggu. Sebelum umpan yang dilempar dimakan oleh ikan target, seringkali ikan keting meyambarnya terlebih dahulu.


Selain itu patil ikan keting juga sangat tajam, dan mengandung racun yang jika tangan tertusuk patil ikan keting rasa sakitnya cukup rumayan. Tetapi jika anda suka ikan goreng garing, ikan keting salah satu jenis ikan yang harus anda pancing. Buan itu saja, ikan keting juga sangat di sukai oleh ikan giant travelly. Para pemancing di Jogja banyak yang mengandalkan ikan keting sebagai umpan salah satu ikan predator laut tersebut.

0 Response to "Ikan Keting - Ikan yang Mudah untuk di Pancing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *