Mancing Tawes dengan Rangkaian Rampok



Ikan Tawes adalah ikan yang suka hidup bergerombol. Ikan tawes yang hidup di sungai berarus deras atau di waduk yang dalam tentunya menyulitkan para pemancing. Mengapa demikian? Di sungai yang berarus umumnya umpan mudah habis atau hilang karena arus.

Jika umpan di pasang dengan ukuran besar pada mata kail, umumnya tidak efektif. Ikan tawes akan memakan umpan akan tetapi mata kail tidak menyangkut pada mulutnya. Terus bagaimana cara mengatasinya?
Mancing Tawes dengan Rangkaian Rampok- ombyok batok
rangkaian ombyok batok - rangkaian ombyok/rampok

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menggunakan rangkaian rampok. Rangkaian rampok juga di sebut dengan rangkaian ombyok merupakan rangkaian pancing yang terdiri dari banyak mata kail, bisa lebih dari lima kail dalam satu rangkaian. Biasanya pada rangkaian rampok sisipi sebuah peniti,swivel, pemberat atau snap yang berfungsi agar umpan lebih kuat menempel dan tidak mudah hilang terbawa arus.

Juga terdapat rangkaian rampok yang  di buat dengan batok kelapa. Rangkaian ini juga di kenal dengan nama ombyok batok. Namun karena sekarang batok kelapa susah dicari, anda dapat menggunakan tutup botol mineral. Selain itu tutup botol mineral lebih mudah di buat rangkaian.

Apasih keunggulan rangkaian rampok atau ombyok untuk mancing tawes? Dengan rangkaian ombyok atau rampok memungkinkan kita memasang umpan dengan jumlah banyak akan tetapi mata kail dapat dengan mudah menancap pada mulut ikan. Bahkan dalam satu rangkaian, bisa lebih dari satu ikan yang nyangkut. Anda tdak perlu menghentakan joran, di diamkan saja mata ikan tawes akan tersangkut kail dengan sendirinya.

Dengan memasang umpan yang banyak, ikan tawes tentunya lebih mudah mencium atau melihat umpan dengan mudah, meskipun air sungai sedang keruh. Selain itu rangkaian ini memungkinkan kita untuk menggunakan teknik dasaran di arus sungai yang deras. Selain umpan tidak terbawa arus, dengan arangkaian rampok atau ombyok ini umpan tidak mudah lepas, terutama jika anda menggunakan rangkaian ombyok batok.

baca Juga:

Bagaimana cara membuat ombyok batok? Yang pertama harus anda siapkan adalah batok kelapa yang di bentuk bulat (seperti pada gambar) atau tutup botol mineral. Kemuadian lubangi batok di pinggirnya dengan jumlah 6 buah dengan jarak yang sama.

Selanjutnya ikan senar pada swivel dengan jumlah 6 dan panjang 10 cm. masukan tiap senar ketiap lubang pada batok atau tutup botol mineral. Masing masing senar lalu di pasangi satu mata kail. Rangkaian ombyok batok atau rampok siap digunakan.
                                 
Umpan yang biasa digunakan untuk rangkaian rampok adalah umpan racikan. Anda dapat menggunakan umpan sulur, umpan dari ketela, umpan drai mie instan atau umpan dari tempe. Selain itu rangkaian rampok juga bisa digunakan untuk berbagai jenis ikan, diantaranya ikan belanak, ikan wader, ikan nilem, ikan beles, ikan bader dan lain lain


0 Response to "Mancing Tawes dengan Rangkaian Rampok"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *