Memancing Belanak dengan teknik Geretan




Beberapa hari ini saya di buat penasaran oleh mas Bambang Tri Atmojo (@omokalen) , pasalnya beliau sering mengunggah foto hasil mancing ikan belanak di grup facebook Mancing Kulon Progo. Hasil mancing ikan belanak pun selalu banyak dan beliau mengatakan teknik yang beliau gunakan adalah teknik geretan. 

Memancing Belanak dengan teknik Geretan
mas Bambang                                                                                Ikan Belanak Hasil Mancing dengan Teknik Geretan

Berhari hari rasa penasaran saya terhadap teknik geretan tersebut belum juga terobati, selain belum pernah melihat teknik mancing belanak tersebut, saya juga sedang sibuk jadi belum bisa mancing bareng mas Bambang.

Singkat cerita, saya tadi sore menyempatkan diri memancing di pemecah ombak di Karangwuni. Karena ombak sangat besar dan baju sudah basah  terkena ombak saya memutuskan untuk pulang sebelum matahari terbenam. eeh.... di dermaga pelabuhan Tanjung Adikarto bertemu dengan mas Bambang. Saya langsung berhenti dan menanyakan teknik mancing geretan serta melihat langsung beliau mancing belanak menggunakan teknik tersebut. Tetapi belum sempat praktek langsung karena belum membawa alat yang sesuai dengan teknik mancing tersebut.

Ok langsung saja saya akan bagikan teori mancing geretan yang saya dapat dari mas Bambang.

Joran yang digunakan adalah joran tegek dengan panjang antara 3.6 meter sampai 6 meter. Panjang tegek juga menyesuaikan dengan selera anda dan spot memancing ikan belanak. Mas bambang sendiri menggunakan tegek sepanjang 4.5 meter. Dan gunakan senar dengan ukuran diameter 0.18mm dan kail ukuran 7. Rangkaian pancing belanak teknik geretan dapat anda lihat di bawah ini.

Kail yang di gunakan ukuran 7. Pilih kail yang tajam karena nantinya kail tidak masuk kemulut melainkan menyekrik/ menggarong ikan belanak. 5swivel dan timah lipat selain berfungsi sebagai pemberat juga berfungsi sebagai tempat melekatkan umpan. Swivel  atau yang biasa di sebut dengan anting dapat di ganti dengan snap atau alat lainya yang terpenting dapat di gunakan untuk melekatkan umpan.

rangkaian mancing belanak geretan
rangkaian mancing belanak teknik geretan
Pelampung juga mempunyai peranan penting di sini. Gunakan pelampung berukuran kecil dengan lubang berada di tengah  tembus dari atas sampai bawah pelampung, bukan pelampung dengan lubang yang di ujung pelampung. Hal ini berfungsi agar pelampung dapat bergerak naik turun secara bebas antara umpan sampai dengan stoper pelampung.

Untuk umpan ikan belanak bisa di cari di blog ini. Kalau resep yang di gunakan mas Bambang bisa di baca di sini.

Yang pertama harus di lakukan adalah mengumpulkan ikan belanak. Carilah titik spot di mana ikan belanak biasanya banyak berkumpul. Gunakan umpan belanak sebagai bom agar belanak berkumpul. Bom yang di maksud adalah sebagai charming  atau menarik perhatian belanak agar mendekat, bukan bom yang meledak hehehe.

Lalu langkah selanjutnya adalah memancing belanak. Pasang umpan jangan terlalu besar, secukupnya saja. Ketika pelampung bergerak gerak tandanya umpan mulai dimakan. Jika pelampung tidak juga ada pergerakan cobalah menyebar bom lagi dan tunggu beberapa saat. Selain itu anda dapat mencoba mengubah setting kedalaman pelampung sampai menemukan titik kedalaman yang pas.


Jika pelampung sudah bergerak gerak yang tandanya umpan sudah di makan, tarik pancing secara perlahan dan hentak secara halus. Kata mas Bambang menghentak joranya harus pakai hati atau perasaan. Karena jika terlalu keras ikan akan kaget dan ikan belanak yang berkumpul akan kabur dan jika terlalu pelan kail tidak akan menancap dengan sempurna alias bakal mocel.



Selamat memancing. Saya juga sudah tidak sabar untuk praktek secara langsung.

0 Response to "Memancing Belanak dengan teknik Geretan"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *