Ikan Belanak

Ikan Belanak (Moolgarda seheli) merupakan salah satu jenis ikan laut yang hidup di laut tropis dan subtropis .Dalam bahasa Inggris Ikan belanak dikenal dengan nama blue-spot mullet. Di Jogja Ikan belanak yang berukuran kecil atau anak ikan belanak di sebut dengan nama banyar.
 
Ikan Belanak
ikan belanak


Ikan belanak memiliki bentuk yang mirip dengan ikan bandeng.memiliki bentuk yang pipih dan memanjang dengan warna sisik putih dan berwarna cokelat di punggung bagian atas. Ikan belanak hidup secara berkelompok. Saat sedang musim ikan belanak, biasanya ikan belanak akan terlihat di permukaan air dalam jumlah yang sangat banyak di pagi hari. kita dapat melihatnya di kawasan muara.

Di Indonesia, Ikan belanak di kenal sebagai salah satu jenis ikan konsumsi.  Meski ikan belanak kalah populer dengan ikan bandeng, tetapi menurut saya rasa dari ikan belanak patut di acungi jempol. Mungkin ikan belanak kalah populer dengan ikan bandeng karena jarang atau mungkin belum ada yang membudidayakan ikan belanak.

Ikan belanak merupakan salah satu umpan favorit yang digunakan para mancing mania untuk berburu ikan predator seperti giant travelly, barrakuda, kakap , kerapu dan lain lain. Sedangkan di daerah Jogja Ikan belanak lebih di kenal sebagai salah satu ikan target memancing di muara sungai atau di kawasan air payau.


Ikan belanak merupakan ikan laut, akan tetapi ikan belanak dapat di jumpai di kawasan muara dan tidak jarang masuk ke perairan air tawar untuk mencari makan. Walaupun habitat utamanya di laut, ikan belanak lebih efektif di pancing diperairan air payau yaitu dimuara sungai. saya sendiri belum pernah melihat ataupun mendengar ada yang memancing ikan belanak dari pantai maupun di tengah laut. sedangkan mancing ikan belanak di air tawar juga sangat jarang, kalaupun ada itu hanya kebetulan saja ada ikan belanak yang masuk ke perairan air tawar.

0 Response to "Ikan Belanak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *