Umpan Mancing Tombro Majalaya

Mungkin anda pernah memancing ikan mas tetapi memiliki warna hitam. Lho ikan mas kok warnanya hitam? Ikan mas atau ikan tombro berwarna hitam tersebut merupakan ikan mas Majalaya atau juga populer disebut dengan ikan tombro majalaya.

Ikan tombro majalaya memang terkenal lebih susah di pancing di banding ikan mas merah. Tetapi hal itu malah menjadi daya tarik bagi para pemancing untuk memancing ikan mas hitam tersebut. Bahkan kebanyakan kolam pancingan pun sekarang lebih banyak menyediakan ikan mas hitam.

ikan tombro majalaya hitam
ikan tombro majalaya

Memancing ikan tombro majalaya sebenarnya sama dengan memancing ikan mas merah pada umumnya. Cara memancing ikan tombro dapat anda baca di sini.

Dalam memancing ikan mas majalaya faktor umpan sangat berpengaruh. Ya selera makan ikan mas memang unik, susah di tebak. Terkadang ikan mas majalaya terlihat mengambang atau berenang di dekat umpan, tetapi tidak mau makan.

Sebelum menggunakan umpan racikan ikan tombro majalaya, anda lebih baik mencoba umpan alami dan sederhana terlebih dahulu. Terutama jika anda memancing ikan tombro majalaya di alam liar seperti di sungai, danau atau rawa. Begitu juga ketika mancing di kolam, gunakan umpan alami terlebih dahulu.

Jika ikan tombro majalaya tidak mau makan, cobalah umpan sulur atau umpan putih. Umpan sulur sudah saya tulis di artikel sebelumnya, sedangkan umpan putih bisa anda baca di bawah ini.

Bahan Racikan Umpan Putih 

Tepung terigu       0,5 kilogram
Telur bebek          7 butir

Vanili                    4 bungkus
Kroto                    2 ons
Essen pandan    


Cara Membuat Umpan Putih

Berbeda dengan resep umpan sebelumnya yang menggunakan kuning telur, kali ini yang digunakan bagian putih telur saja. Anda dapat mengganti telur bebek dengan telur ayam.


Campurkan vanili, sesen pandan dan putih telur lalu aduk hingga rata. Setelah itu kukus selama kurang lebih 15 menit. Cara mengukusnya yaitu dengan memasukan adonan tersebut ke dalam plastik lalu ditutup rapat. Setelah itu masukkan ke dalam panci dengan air yang sudah mendidih.


Sebelum digunakan lebih baik kroto di pepes dulu. Yaitu dengan cara membungkus kroto dengan daun pisang. Lalu kroto yang sudah dibungkus dengan daun pisang tersebut di bakar. Alternatif lainya selain di pepes, kroto juga bisa di kukus terlebih dahulu .

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan adonan yang dikukus tadi dengan tepung terigu. Pastikan adonan tercampur rata dan memiliki tekstur yang pas. Jangan sampai terlalu lembek. Jika terlalu keras anda dapat menambahkan air.

Untuk menggunakannya, anda dapat langsung mencampurkan kroto dengan adonan di atas. Akan tetapi dianjurkan atau lebih efektif jika kroto digunakan untuk pembungkus adonan. Caranya, pertama utama anda pasangkan adonan ke mata kail, setelah itu guling gulingkan umpan tersebut di atas kroto. Sehingga kroto akan menempel dan membungkus umpan tersebut.

untuk resep lainya bisa anda baca di log ini dan saya akan terus meong-update resep umpan jika saya mendapat resep baru. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



0 Response to "Umpan Mancing Tombro Majalaya"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *