Umpan mancing Pasiran


Mancing pasiran atau juga dikenal dengan surffishing merupakan aktivitas memancing yang dilakukan di pinggir laut khususnya di pantai berpasir. Karena target mancing pasiran adalah ikan kaut maka umpan mancing pasiran pun pada umumnya dapat di temukan di laut. Berikut ini daftar umpan yang dapat digunakan untuk memancing di pantai.

Undur Undur Laut

Menurut saya, undur undur merupakan umpan yang paling ampuh untuk memancing pasiran. Hampir semua jenis ikan target akan menyantap umpan ini, mulai dari tarling, surung, gatho hingga giant travelly. Terdapat 3 jenis undur undur. Dan ketiga jenis undur undur tersebut sama killernya  jika sedang berganti cangkang atau sering disebut undur undur genjuri.




Ikan

Ikan laut maupun ikan air tawar dapat digunakan sebagai umpan mancing pasiran. Biasanya yang dijadikan umpan adalah ikan belanak dan ikan kating. Umpan ikan hanya dapat digunakan untuk memancing ikan predator saja, seperti luthok, surung, baleng, giant travelly  dan sebagainya . ikan dapat digunakan sebagai umpan secara utuh, tetapi untuk ikan berukuran sedang sampai kecil di sarankan untuk mengambil dagingnya saja sebagai umpan.

Cumi-cumi

Cumi-cumi juga dapat gunakan sebagai umpan memancing dipantai. Sama seperti ikan, cumi-cumi cumi-cumi hanya dapat di gunakan untuk memancing Kie predator saja. Cumi-cumi juga jarang digunakan sebagai umpan pasiran karena harganya relatif mahal.

Udang

Udang merupakan umpan yang hampir semua pemancing pasiran pernah menggunakanya. Memang udang masih kalah dengan undur undur. Walau demikian, udang dapat digunakan untuk umpan semua ikan target pasiran. Pastikan umpan yang digunakan sebagi umpan adalah udang segar. Udang yang sudah berubah warna kemerahan kurang menarik perhatian ikan.


Cacing lure

Cacing lure atau cacing laut dapat di cari di sekitar pantai Gunung Kidul dan sudah banyak dijual di toko pancing. Sama halnya dengan undur undur, cacing lure dapat digunakan untuk umpan segala jenis ikan target pasiran dengan segala ukuran.

Jingking


Jingking merupakan sejenis kepiting yang hidup di pantai. Kita dapat mencarinya dengan mengejar jingking atau menggali lubang tempat persembunyian jingking. Jingking cocok untuk umpan ikan berukuran sedang sampai ikan besar. umpan jingking kurang efektif untuk ikan berukuran kecil.

0 Response to "Umpan mancing Pasiran"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *