Undur undur atau Yutuk



Undur undur atau di juga dikenal dengan nama yutuk merupakan hewan yang hidup di dalam pasir di pantai. Undur undur dapat ditemukan di pantai berpasir hitam. Undur undur banyak dicari untuk dijadikan umpan mancing di laut. Ada juga yang mencari undur undur untuk di buat makan seperti peyek, di goreng saja undur undur atau yutuk juga enak lho.

undur undur atau yutuk
jenis undur undur
Undur undur merupakan hewan laut yang dapat menggali dan bersembunyi di dalam pasir dengan cepat. Maka ketika menangkap undur undur anda harus sigap, kalau tidak undur undur akan masuk ke pasir lebih dalam.

Tetapi kaki undur undur tidak dapat diandalkan untuk berjalan di darat. Undur undur ketika dipasir kering hanya akan berjalan sebentar kemudian diam.


Terdapat tiga jenis undur undur, yaitu undur undur klathak, undur undur kethek dan undur undur batok. Undur undur yang paling mudah di cari di pesisir pantai Kulon Progo adalah undur undur klathak.

Mungkin anda pernah mendengar undur undur genjuri. Ya, undur undur genjuri merupakan undur undur paling populer di kalangan pemancing. Hampir semua jenis ikan laut berbagai ukuran dapat di pancing dengan undur undur jenis ini. Undur undur genjuri merupakan undur undur yang sedang berganti cangkang. Maka dari itu undur undur genjuri bertubuh lunak Sea berbau sangat amis. Bau amis inilah yang membangkitkan nafsu makan ikan.





Selain dijadikan umpan memancing, undur undur juga dapat dikonsumsi. Undur undur memang terkenal dengan kandung proteinya yang tinggi. Cara memasak undur undur yaitu dengan membuang cangkang dan ekornya terlebih dulu. Selanjutnya undur undur dapat di goreng atau pun di buat peyek. Undur undur goreng maupun peyek undur undur banyak dijual di warung warung di sepanjang pantai di Yogyakarta.

undur undur memiliki kandungan protein yang tinggi, maka tidak heran banyak yang mencari undur undur atau yutuk sekedar untuk di konsumsi sendiri.

0 Response to "Undur undur atau Yutuk"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *