Rangkaian Mancing Ikan Bawal



Bawal merupakan ikan yang memiliki gigi tajam, nah dalam kesempatan kali ini kailbayu akan berbagi tips rangkaian mancing bawal. Berikut ini merupakan gambar rangkaian mancing bawal,
 
Rangkaian Mancing Ikan Bawal
Rangkaian Mancing Ikan Bawal
Main Line
Untuk senar utama, dalam memancing bawal umumnya menggunakan senar dengan ukuran 0,20 mm. Namun ukuran senar tentunya menyesuaikan ukuran ikan bawal yang kan di pancing, namun biasanya ukuranya di atas 0,16 mm.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi gigi bawal yang tajam, selain itu ikan bawal juga di kenal sebagai ikan petarung yang handal. Jadi harus ekstra hati hati

Ikan bawal memang ikan air tawar, namun dalam pemilihan senar, kailbayu lebih menyukai senar tipe saltwater atau senar yang di buat khusus untuk memancing di laut.

Umumnya senar tipe saltwater lebih tahan gesekan, lagi lagi hal ini bertujuan untuk mengantisipasi gigi bawal yang tajam.

Neklin

Untuk mengatasi gigi bawal yang tajam, jangan lupa gunakan kawat neklin, kurang lebih 2 cm saja. 2 cm sudah cukup untuk menghalau gigi bawal.

Ada juga yang lebih menyukai benang PE sebagai pengaman, karena teksturnya lebih lemas dari kawat. Namun tetap kawat neklin lebih aman untuk menghajar bawal berukuran jumbo.

Mata Kail

Untuk mata kail, umumnya para pemancing memiliki andalan sendiri sendiri, menyesuaikan gaya pemancing itu sendiri.

Ada yang suka memakai seri 1054, 1053 ada juga yang puas jika menggunakan tipe wormer.

Ukuran kail nomor 8 nampaknya, cukup aman untuk menghajar ikan pemakan segala ini. Ukuran pancing nomor delapan dianggap pas untuk mancing ikan bawal mengingat ukuran mulut ikan bawal yg lebar.

Penggunakan mata kail berukuran kecil beresiko mata kail akan tertelan, sehingga senar akan bersinggungan langsung dengan gigi bawal yang tajam.

Nah, bagaimana dengan anda?
Silahkan tambahkan tips mancing bawal di komentar.



0 Response to "Rangkaian Mancing Ikan Bawal"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *