Tips Mancing Ikan Layur Agar Dapat Banyak

Kailbayu.com - Layur merupakan ikan laut berbadan pipih memanjang dan memiliki gigi yang tajam. ikan yang memiliki nama ilimiah Trichiurus lepturus  hidup di perairan tropis yakni di Samudera Pasifik, Samudera Atlantik dan Samudera Hindia.

Nah, kali ini kailbayu akan berbagi tips memancing ikan layur. Oiya, ikan layur merupakan salah satu jenis ikan yang di ekspor lho.
 
ikan layur, gunung kidul, pulau seribu, jakarta, pelabuhan ratu, laut, rockfishing, jogja
ikan layur, sumber gambar : wikipedia
Di jepang, ikan layur disebut dengan nama ikan tachiuo. Masyarakat Jepang mengkonsumsi ikan layur dengan cara dibakar atay di makan mentah sebagai sashimi. Banyak juga yang menggunakan ikan layur sebagai umpan ikan  predator di lautan.
 kail.bayu
Sedangkan orang Korea menyebut yang mampu tumbuh sepanjang dumeter dengan berat lima kilogram ini dengan nama galchi. Mereka memasak ikan layur dengan cara digoreng atau dibakar.

Ikan layur memiliki daging yang kenyal, tidak terlalu amis, tidak berminyak, dan durinya mudah dilepas.
 kail.bayu
Ikan layur hidup secara bergerombol, jadi ketika musim ikan layur, kamu bakal pesta strike ikan yang dapat hidup selama lima belas tahun ini.

Anda dapat memancing ikan layur dari pelabuhan, dari atas kapal atau dari atas tebing (rockfishing). Namun, nampaknya cukup sulit untuk memancing ikan layur dari pasntai (surffishing / Pasiran), walaupun ikan layur menyambar umpan para pemancing pasiran.

Jika memancing diatas kapal, kamu bisa menggunakan teknik handline maupun dengan joran. Akan tetapi ketika rock fishing tetap harus menggunakan joran, dimana kamu akan memancing dari atas tebing yang cukup tinggi.
 kail.bayu
Ikan layur biasanya muncul di musim penghujan. Kamu bisa menggunakan ikan segar sebagai umpan, baik ikan air tawar maupun ikan air asin. Namun ikan yang paling cocok untuk ikan layur yakni ikan tongkol, kembung dan belanak.
 Baca Juga
Ikan layur sayang peka terhadap cahaya, jadi kamu dapat menarik perhatian ikan layur dengan cahaya. Lalu bagaimana caranya?

Kamu dapat memasang fosfor sekitar sepuluh centimeter diatas umpan yang kamu pasang. jadi ikan layur akan tertarik dengan cahaya dari fosfor. Ketika mendekat makan ikan layur pun akan melihat umpan yang kamu sajikan.

Yang perlu kamu kamu ketahui, ikan layur memiliki deretan gigi yang tajam. nah, gigi gigi tersebut dapat dengan mudah melukai tanganmu atau memutus senar pancing. Jadi harus hati hati.

Untuk mengantisipasi senar pancing agar tidak putus saat umpan dimakan ikan layur, kamu dapat memasang neklin pada rangkaian kailmu.

Lalu jangan lupa hati hati ketika memegang ikanya ya, ikan layur bergerak sangat aktif ketika berusaha melepaskan diri. Nah hati hati, gigi ikan layur sangat tajam dan dapat melukai tangan.

Yang tidak kalah penting nih, ikan layur bukan tipe ikan dasaran, namun cenderung mendekati berada dipermukaan dalam mencari makan. Jadi kamu dapat menggunakan rangkaian pelampung.

Sedangkan waktu yang tepat untuk mancing ikan layur yakni malam hari, ikan layur memang lebih aktif di malam hari.

Nah ketika pelampung bergerak peranda ikan menyambar umpan, jangan langsung di hentak ya. Tunggu beberapa saat. Karena bisa saja ikan layur baru menyambarnya dan belum menelan umpan, karena jika tergesa gesa, ikan layur akan melepas umpan yang belum ditelanya.

Nah semoga tips kali ini bermanfaat dan selamat memancing.

 Referensi



0 Response to "Tips Mancing Ikan Layur Agar Dapat Banyak"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *