Cara Tradisional Mengobati Ikan yang Terkena Penyakit

Memelihara ikan biasanya  juga menjadi hobi para pemancing. Bahkan, tidak sedikit pula para pemancing yang memelihara hasil pancinganya. Namun terkadang, ikan yang kita pelihara terkena penyakit.

Maka dari itu, kailbayu akan berbagi cara alami berbagi tips mengobati ikan secara alami.

Pada umumnya penyakit yang menyerang ikan peliharaan maupun ikan budidaya adalah penyakit jamur. Penyakit jamur seringkali menyerang ikan mas, nila, wader hasil pancingan yang kita pelihara. Jika tidak segera diobati maka kemungkinan ikan akan mati pun besar.

Maka dari itu tidak ada salahnya anda mencoba ramuan sederhana dan herbal di bawah ini. Bahan bahan untuk mengobati ikan yang akan kailbayu sebutkan dibawah ini tentunya dapat dengan mudah ditemui di lingkungan anda
 
nila, mujair, mas, tombro, hias, koki ,lele ikan
ikan mujair
Garam

Garam  sudah terbukti efektif mengobati ikan dalam akuarium. Sering kali ketika kita memindahkan ikan dari alam ke dalam aquarium, sering kali ikan terkena jamur. Pertama tama, warna ikan akan terlihat kusam kemudian tumbuh jamur dan menjadi luka.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menambahkan satu sendok makan garam ke dalam akuarium anda. Setelah beberapa saat silahkan amati, jika jamur pada ikan berkurang. Silahkan tambahkan garam sedikit demi sedikit, tentunya sambil mengamati kondisi ikan.

 Baca Juga
T
Daun Ketapang

Daun ketapang bersifat antibiotik. Anda dapat memanfaatkan daun ketapang untuk mengobati ikan anda yang sakit.

Daun ketapang sendiri sudah dikenal sejak lama khasiatnya oleh para pecinta ikan hias, terutama pecinta ikan cupang. Namun efek dari daun ketapang adalah air akan berubah warna menjadi kemerahan.

Daun Pepaya

Daun pepaya cocok untuk untuk mengobati ikan yang terkena jamur atau keracunan. Anda dapat meremas atau menumbuk daun pepaya, kemudian masuk kan kedalam kolam budidaya ikan atau kolam ikan hias.

Bagi anda yang baru saja membuat kolam berbahan dasar semen, alangkah baiknya jika anda menggosok permukaan kolam menggunakan daun pepaya.

Daun pepaya dipercaya dapat membantu menghilangkan racun pada semen. Cara ini cukup sederhana, namun sudah terbukti ampuh lho.

Baca Juga

Daun Sambiloto

Daun sambiloto salah satu daun yang dikenal memiliki banyak khasiat dan termasuk tanaman obat yang menjadi bahan dasar pembuatan beberapa jenis jamu. Daun sambiloto juga dapat membantu membasmi bateri bakteri penyebab penyakit pada ikan peliharan kita.


Cara menggunakan daun sambiloto untuk mengobati penyakit yang disebabkan bakteri pada ikan cukup sederhana, yakni rendam daun sambiloto. Air rendaman daun sambiloto inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mengobati ikan yang sakit, yakni dengan memasukan rendaman daun sambiloto kedalam kolam secukupnya.

0 Response to "Cara Tradisional Mengobati Ikan yang Terkena Penyakit"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *