Ikan Arapaima, Ikan Raksasa dari Amazon


Pernah mendengar nama ikan Arapaima?

Mungkin ikan Arapaima sudah tidak asing bagi anda pecinta iwak galak . Karena ikan arapaima memang merupakan ikan predator yang fenomenal.

Ikan Arapaima, Ikan Raksasa dari Amazon
Ikan Arapaima

Kali ini, kailbayu akan membahas dan berbagi fakta menarik tentang ikan arapaima.

Ikan arapaima dikenal dengan beberapa nama, diantaranya ikan paiche, arapaima gigas, dan ikan pirarucu. Ikan arapaima menjadi ikan air tawar terbesar di dunia.

Habitat asli ikan arapaima gigas ada di sungai Amazon, Amerika Selatan. Maka tak heran jika ikan arapaima gigas disebut sebagai ikan raksasa dari amazon.

Ikan raksasa dari amazon ini juga merupakan ikan purba.

Seberapa besar sih ikan arapaima gigas?

Ikan arapaima gigas dapat tumbuh besar hingga memiliki panjang lebih dari empat meter dengan berat lebih dari dua ratus kilogram. Sangat besar bukan untuk ukuran ikan air tawar?

Jika anda ingin  melihat ikan raksasa dari amazon ini anda tidak perlu jauh jauh pergi ke sungai Amazon lho. Karena saat ini ikan arapaima dapat dilihat di beberapa kebun binatang dan Taman Mini Indonesia Indah.

Oleh penduduk sekitar amazon, ikan arapaima dikenal sebagai ikan konsumsi. Namun kini ikan arapaima juga dikenal sebagai ikan hias. Ikan arapaima banyak ditangkap untuk diekspor sebagai ikan hias.

Baca Juga

Selain dikenal sebagai ikan raksasa dan ikan purba, ikan arapaima juga terkenal akan tubuhnya yang indah. Sekilas ikan arapaima terlihat seperti ikan arwana di bagian tubuh dan ekornya.

Karena sebenarnya ikan arwana masih satu family dengan ikan arapaima gigas yakni family Osteoglossodae.

Jika anda ingin memelihara ikan arapaima, pastikan legalitas dari ikan arapaima yang akan anda beli. Karena kini ikan arapaima merupakan ikan yang dilindungi, karena ikan arapaima salah satu ikan purba dan terancam punah.


Makanan ikan arapaima di alam adalah katak, udang, ikan dan serangga. Jadi jika anda memelihara ikan arapaima dapat diberi makan ikan, serangga atau udang. Jangan lupa sediakan akuarium atau bak yang cukup luas ya.


0 Response to "Ikan Arapaima, Ikan Raksasa dari Amazon"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *