Tips Mancing Ikan Mahseer

Ikan mahseer, Pernahkah anda mendengar nama ikan tersebut? Jika belum pernah, hal ini wajar karena ikan mahseer memiliki banyak nama yang mungkin saja di daerah tempat tinggal anda ikan mahseer memiliki nama tersendiri.
tips casting dan umpan mancing ikan mahseer di sungai
ikan mahseer

Misalnya di Jogja, ikan mahseer di kenal dengan nama ikan mangur, di beberapa daerah di pulau Jawa ada pula yang menyebutnya dengan nama ikan tambra, mengingat ikan mahseer memang masih berkerabat dengan ikan mas.

Ikan yang mampu tumbuh hingga memiliki panjang satu meter ini juga dikenal dengan nama ikan kancra di Sunda, ikan sapan di Kalimantan, ikan curong di Toba, Ikan kelah di Malaysia dan di Sumatera ikan mahseer lebih populer dengan nama ikan semah.

Ikan Mahseer dapat dijumpai di India dan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan Malaysia. Namun, ikan mahseer kini mulai cukup sulit ditemui di beberapa daerah, dengan kata lain sudah mulai langka. Misalnya saja di Jogja, ikan mahseer atau ikan mangur dapat dibilang sudah sangat susah ditemui. Maka dari itu mari kita jaga kelestarianya dengan tidak melakukan penangkapan ikan mahseer secara berlebihan.

Sekilas, ikan mahseer memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan hampala atau ikan palung. Namun sbenarnya, ikan mahseer masih berkerabat dengan ikan mas atau ikan tombro. Maka tak heran banyak yang memburu ikan mahseer karena rasanya memang lezat dan tarikanya mantap.

Sungai yang menjadi habitat ikan mahseer biasanya merupakan sungai dengan arus cukup deras. Maka dari itu jika anda memancing ikan mahseer, carilah sungai yang berarus.

Baca Juga


Karena bentuknya yang mirip dengan ikan hampala, banyak yang mengira ikan mahseer merupakan ikan predator. Sebenarnya tidak, ikan mahseer lebih menyukai tumbuh-tumbuhan lho, seperti lumut dan jagung.

Lalu umpan apa saja yang dapat digunakan untuk mancing ikan mahseer? Lumut, biji jagung yang masih muda serta ubi rebus sangat disukai ikan mahseer. Selain itu cacing, jangkrik, ulat dan belalang juga akan disambar ikan mahseer yang kelaparan.

Namun bagi anda pecinta casting, ikan masheer juga dapat dipancing menggunakan umpan tiruan lho.
Ya itulah salah satu keistimewaan ikan mahseer, walau termasuk dalam jenis ikan pemakan tumbuh-tumbuhan, ikan mahseer juga dapat di pancing menggunakan teknik casting.

Lalu lure jenis apa saja yang dapat digunakan untuk memperdaya ikan mahseer? Lure jenis popper, swimmer, wtd , minnow dan spinner bisa anda gunakan saat memancing ikan mahseer. Namun umpan tiruan yang terbuat dari bulu ayam lah yang dipercaya paling ampuh untuk menaklukan ikan mahseer.


Selamat memancing dan tetap jaga kelestarian ikan mahseer dengan tidak melakukan penangkapan secara berlebihan.

0 Response to "Tips Mancing Ikan Mahseer"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *