Yuk Mancing ke Pantai Ngrenehan

Pantai ngrenehan merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang menjadi pusat kegiatan nelayan. Jadi jangan heran jika anda berkunjung ke pantai Ngrenehan melihat banyak kapal nelayan di hamparan pasir putih.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berkunjung ke pantai Ngrenehan untuk memancing. walaupun saya tidak sempat untuk mencoba semua spotnya karena keterbatasan waktu dan hanya sendirian, saya sempat bertanya-tanya dengan penduduk sekitar tetantang spot spot memancing di pantai Ngrenahan yang akan saya ceritakan di artikel ini.

Yuk Mancing ke Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan


Penasaran? Mari simak artikel berikut ini. :D

Pantai ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Jika anda menuju pantai Ngrenehan dari kota Wonosari, menurut saya jalan paling mudah untuk menemukan pantai Ngrenehan melalui Jalan Baron.

Mengapa? Di sepanjang perjalanan sudah terdapat papan penunjuk jalan menuju pantai Ngrenehan. Beberapa kilometer sebelum pantai Baron, ada papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan anda untuk menuju pantai Ngrenehan, yakni berbelok ke arah barat.

Dari titik tersebut masih cukup jauh, sampai pada akhirnya anda akan bertemu papan menunjuk jalan yang akan mengarahkan anda untuk berbelok ke arah kiri. Setelah itu tinggal ikuti saja papan petunjuk jalan berikutnya, menurut saya sudah cukup jelas penunjuk jalanya.

Jika anda dari kota Jogja, anda dapat melalui jalan Parangtritis atau terlebih dahulu menuju kota Wonosari dan mengikuti petunjuk di atas. Jika anda melalui jalan Parangtritis, lanjut lurus saja terus sampai pantai Parangtritis, dan selanjutnya menuju ke arah timur. Ikuti jalan utama dan anda akan menemukan papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan anda untuk berbelok ke arah selatan menuju pantai Ngrenehan.

Ketika sampai di pantai Ngrenehan anda akan disuguhkan pemandangan yang Indah. Istirahatlah sejenak sesampainya di sana dan bersiaplah berpetualang. Pantai Ngrenehan dapat dikatakan spot yang cukup komplit yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kita mulai dari mana dulu ya? Hehe.

baca juga : Apa Itu Mancing Karangan?

Mari kita mulai dari pantainya terlebih dahulu. Di sini anda dapat memancing dari tepi pantai dengn hamparan pasir putih atau istilahnya mancing pasiran. Rata-rata yang di dapat dari mancing pasiran disini merupakan ikan berukuran sedang, kurang lebih berukuran setengah hingga satu kilogram .


Jika anda baru pertama kali mancing di sini disarankan pasiran dari sisi timur, karena selain cukup potensial, di sisi timur. Karena selain cukup potensial, dasar pantai di sisi timur berupa pasir sehingga jarang tersangkut batuan karang.

Anda juga dapat memancing dari atas gumuk. Gumuk merupakan  batu batu besar yang berada di tepi pantai. Namun tidak disarankan bagi anda yang belum pernah memancing di sini atau tidak ditemani pemancing biasa mancing karangan.

Batu-batu tersebut terletak di samping kanan dan kiri pantai. Tentunya untuk menuju batu batu yang terletak jauh dari tepi pantai hanya dapat dijangkau saat air laut sedang surut dan ombak sedang kecil. Memancing di gumuk yang berada jauh berada di selatan tentunya tidak disarankan jika ombak dan angin sedang besar karena cukup berbahaya.

Yang perlu anda ingat, anda hanya dapat pulang dan pergi menuju gumuk saat air laut sedang surut.

Lalu ikan apa saja yang dapat anda pancing dari sini? Ikan giant travelly, kerapu, taking, pugot dan ikan penghuni karang lainya. Anda dapat menggunakan umpan alami seperti ikan atau udang maupun menggunakan umpan tiruan dengan teknik casting.

Mari kita berpindah ke spot di mancing di bukit yang berada persis di sebeah barat pantai Ngrenehan. Bagi anda yang hobi mancing karangan tentunya spot ini sayang untuk di lewatkan. Untuk menuju spot ini anda dapat membawa kendaraan anda naik ke atas bukit melalui jalan kurang lebih 300 meter di sebelah barat pantai ngrenehan.

baca juga : pantai Kesirat, Spot Mancing yang Indah.
Spot mancinng pantai Ngrenehan Gunung Kidul
Parkir Kendaraan
Sebelah barat pantai Ngrenehan ini terdapat jalan menanjak ke arah selatan yang membelah bukit. Pada saat saya kesana jalan tersebut masih berupa batuan kapur dan saya rasa cukup berbahaya jadi disarankan untuk hati-hati. Tapi tenang saja, jalanya cukup lebar kok, hanya cukup menanjak cukup curam.



Sesampainya di atas, kendaraan tidak dapat di bawa sampai di tepi pantai. Hehe. Cukup berbahaya. Di sini cukup luas, cukup untuk memarkirkan beberapa buah mobil atau untuk mendirikan tenda.

Di bukit ini yag saya ketahui ada dua buah spot favorit para pemancing. Yang satu merupakan tebing yang tidak terlalu tinggi, satu lagi merupakan tebing yang dapat dibilang cukup tinggi. Yang pasti jangan lupa membawa jangkar untuk mengambil ikan jika anda ingin berburu ikan-ikan monster penghuni lautan berkarang seperti Ikan kerapu, ikan kampur maupun ikan pelagis seperti ikan tenggiri, barakudan ataupun ikan giant travelly.

Tepat di sebelah selatan anda memarkirkan kendaraan anda, tepatnya di balik rimbunya pohon panda terdapat spot mancing yang tidak terlalu tinggi. Spot ini menurut saya cukup istimewa namun sangat tidak disarankan ketika ombak sedang besar.

Pada saat saya mancing di sana, ombak dan angin cukup besar, ombak dapat menjangkau tempat saya memancing.

Dengan ketinggian spot yang tidak terlalu tinggi anda dapat menerapkan teknik casting maupun popping di spot ini. Namun, nampaknya masih terlalu tinggi jika anda ingin menggunakan umpan minnow.

O iya, jangan lupa menggunakan sepatu dengan alas cukup kuat, karena saat anda memancing kaki anda akan berpijak pada batuan kapur yang cukup tajam. hati hati ya, Safety First!!!
 
Spot mancing di pantai Ngrenehan, Gunung Kidul
salah satu spot mancing di pantai Ngrenehan
Jika anda ingin memancing dari tebing yang cukup tinggi atau penduduk setempat menyebutnya dengan Pathuk, anda dapat berjalan ke arah tenggara. Spot ini dikenal luas dengan nama spot Mbiting. Cukup jauh memang, namun spot mbiting sudah dikenal luas sebagai spot mancing karangan yang oke.

Selanjutnya apa saja sih yang ada di pantai Ngrenehan?  Di Pantai Ngrenehan terdapat penjual ikan lho, di sana anda dapat membeli ikan untuk sekedar oleh-oleh atau membeli ikan untuk umpan mancing anda.

di pantai Ngrenehan juga terdapat penjual makanan, mungkin ini juga menjadi alasan mengapa spot ini menjadi salah satu spot favorit tujuan para pemancing. Jadi tidak terlalu jauh berjalan jika bekal makanan habis ketika memancing, karena  anda dapat membelinya di sini.


O iya, jika ada tambahan bisa anda tambahkan di kolom komentar ya. Atau mungkin ada perkembangan misalnya jalan menuju spot semakin bagus. :D terimakasih Sebelumnya..

0 Response to "Yuk Mancing ke Pantai Ngrenehan"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *