Model dan Jenis Joran Pancing

Joran merupakan salah satu alat pancing yang sangat penting. Terdapat banyak jenis joran dan tiap jenis joran memiliki kelebihan dan karakter yang di sesuaikan dengan ikan target maupun teknik mancing yang di gunakan. Sebenarnya sangat banyak jenis joran, bahkan banyak para pemancing yang merombak atau meng custom joran sendiri sesuai keinginan mereka.

Dibawah ini merupakan jenis jenis joran dan model joran yang umum digunakan para pemancing dan banyak beredar di pasaran.

MODEL JORAN

Joran Antena / Telescopic

Yang pertama adalah joran teleskopik atau juga disebut joran antena. Seperti namanya, joran ini memiliki bentuk seperti antena televisi atau radio jaman dulu yang dapat di pendekan.

Joran antena merupakan joran yang banyak digunakan pemancing, karena joran ini memiliki berbagai ukuran yang menyesuaikan dengan beragam teknik memancing. Joran antena memiliki kelebihan simple dan mudah di bawa karena bisa di pendekan seperti antena.

Jenis joran antena memiliki dua kelemahan yang paling umum, yang pertama adalah joran mudah lecet jika kita kurang bisa menjaga kebersihan. Jadi tiap akan di pendekan kita harus memastikan kebersihanjoran terlebih dahulu jangan sampai ada debu atau kotoran yang masuk. Selain lecet, joran juga bisa retak bahkan patah jika ada kotoran yang keras dan berukuran agak besar yang masuk, misalnya pasir.

Kekurangan joran antena yang kedua adalah biasanya tidak sekuat joran one section atau tipe patahan. Akan tetapi hal tersebut juga bergantung dengan bahan joran.





Joran Sambung atau patahan

Joran sambung atau juga disebut joran patahan, joran stick dan  joran section merupakan

Merupakan joran yang paling popular, digunakan disetiap perlombaan mancing baik galatama ataupun turnamen laut. Jenisnya juga bermacam-macam dari mulai sambung satu sampai sambung empat. Semakin sedikit sambungannya maka akan semakin maksimal kerja joran tersebut.

 
Joran Patahan/ joran sambung- Put Over Joint
Joran Patahan/ joran sambung- Put Over Joint

Joran sambung satu / 1 piece biasanya memiliki panjang tidak lebih dari dua meter. Jenis joran dengan model sambung satu biasanya merupakan joran mancing di kolam dan joran sidatan.

Model joran sambung dua / 2 pieces banyak dijumpai pada joran casting atau jenis joran untuk mancing menggunakan umpan palsu. Jenis joran jigging, popping, trolling dan lain sebagainya umumnya memiliki model joran sambung dua.

Joran dengan model sambung tiga atau 3 pieces umumnya digunakan untuk jenis joran dengan panjang lebih dari tiga meter, seperti joran rock fishing dan joran surfishing atau joran pasiran.

Sambung empat atau 4 pieces biasanya ada pada jenis joran yang dirancang dengan tema travelling rod. Jenis joran ini di rancang kuat dan mudah dibawa kemana saja. Walaupun sebenarnya joran type patah empat kurang populer dan jarang ditemui.


Macam macam Sambungan Pada Joran


Joint Shock

Merupakan jenis sambung joran yang menggunakan shock. Jenis sambungan seperti ini biasanya digunakan untuk menyambung joran dengan blank solid atau isi yang biasanya terbuat dari bahan fiber.


Put in

Sambungan joran dengan jenis put in memiliki ciri ciri blank joran yang bawah lebih besar dari blank atas. Dengan kata lain blank joran yang atas di masukan ke blank joran yang bawah.

Put over

Jenis joran dengan sambungan put over memilki blank atas pada sambungan lebih besar dari blank bawah.



Jenis Jenis Joran


Joran Spinning

Joran spinning adalah joran yang di rancang untuk reel spinning dan merupakan joran yang paling populer di Indonesia. Joran spinning populer karena pada umumnya dapat di aplikasikan atau digunakan untuk hampir semua jenis teknik mancing.

Joran spinning dapat digunakan untuk mancing di berbagai spot, mulai dari kolam, sungai rawa bahakan laut.

Joran Baitcasting / BC

Joran bait casting merupakan jenis joran yang dirancang khusus untuk jenis reel bc atau baitcasting. Jenis joran ini memilki reelset khusus serta ring guide over head. Reel set pada jenis joran bc memiliki pegangan untuk telenjuk, sehingga nyaman digunakan saat fight  dengan ikan meskipun ring guide diatas.

Dibanding dengan joran spinning, joran baitcasting memiliki bentuk yang lebih kecil. Joran baitcasting lebih sering digunakan untuk mancing menggunakan teknik casting dan sangat jarang digunakan untuk mancing di kolam atau menggunakan umpan alami.

Joran Pasiran / Surf Fishing
model dan Jenis Joran
Joran Pasiran / Surf Fishing

Joran pasiran atau juga disebut joran surf casting atau surf fishing merupakan jenis joran yang dirancang agar dapat melempar umpan dengan jauh dan digunakan untuk mancing dari pinggir laut. Joran pasiran memiliki panjang antara 300cm hingga 450 cm dengan gagang atau grip panjang.

Joran pasiran atau surf fishing di rancang untuk jenis reel spinning. Joran pasiran ada yang bertipe atau model antena ada juga model patahan.

Joran Karangan/ Rock Fishing
 
Model dan jenis joran
Joran Karangan / Joran Rock Fishing


Seperti joran surf fishing, joran rock fishing memiliki panjang 3 meter hingga 4,5 meter yang di rancang untuk reel spinning. Joran karangan di desain khusus untuk mancing di spot berkarang atau dari ketinggian. Karena memiliki spesifikasi yang mirip dengan joran pasiran, joran rock fishing atau joran karangan juga dapat digunakan untuk mancing pasiran.

Hampir tidak ada bedanya joran rock fishing dengan joran surffishing, hanya saja joran rock fishing biasanya memiliki model patahan.

Joran Popping

Joran Popping merupakan joran yang didesain untuk adu kekuatan dengan ikan. Joran popping di derancang khusus untuk teknik mancing popping yakni taknik mancing yang menggunakan umpan tiruan jenis popper.

Joran popping memiliki panjang atara 180 cm hingga 330 cm dan menggunakan reel spinning. Joran popping memiliki kode PE yang mencerminkan kekuatanya, semakin nomor PE makan semakin kaku dan semakin kuat joran popping tersebut.

Joran Jigging

Joran jigging merupakan joran yang di desain khusu untuk memancing menggunakan teknik metal jig. Joran jigging memiliki panjang antar 150cm -210cm dan didesain kuat dengan ring guide kecil(snake guide) yang lebih banyak dan rapat dibanding joran jenis lainya dan memiliki 1 buah ring guide besar (strriping guide). Mengingat Jenis joran jigging digunakan untuk memancing ikan target di laut dalam.

Joran jigging di rancang untuk reel spinning dengan ukuran diatas 4000. Ada juga yang di rancang untuk jenis reel baitcasting /bc yang di sebut juga dengan joran jigging oha / joran jigging overhead.

Joran Ice Fishing

Joran ice fishing memang di tujukan untuk memancing di es atau danau yang membeku, akan tetapi joran ini juga di jual di Indonesia. Joran Ice Fishing yang umumnya pendek cocok untuk mancing di kolam untuk berbagai jenis ikan taget.

Joran ice fishing ada yang berti pe patahan dan ada juga yang bertipe antena.


Joran Fly Fishing
 
Model dan Jenis Joran
Joran Fly Fishing


Sesuai dengan namanya, joran fly fishing di rancang khusus untuk fly fishing, salah satu teknik memancing yang menggunakan umpan tiruan yaitu flies. Joran fly fishing biasanya bertype patahan atau stick dengan ring guide kecil dengan satu ring guide besar(stripping guide)

Joran Trolling
Joran Trolling merupakan jenis joran yang di rancang secara khusus untuk teknik memancing trolling, yaitu teknik memancing yang menyeret umpan palsu menggunakan kapal sehingga umpan palsu tersebut bisa terliha seperti ikan hidup. Umpan palsu yang digunakan biasanya minnow atau jig head.

Model dan jenis joran
Joran Trolling
Joran trolling biasanya bertibe stick atau patahan dan ada dua jenis joran trolling, yaitu joran trolling lurus dan joran trolling pendek.

Joran trolling memiliki reel set dan ring guide yang juga dirancancang untuk reel trooling. Ring guide bagian ujung atau top guide biasanya menggunakan roller guide untuk jenis joran trolling dengan kekuatan diatas 20kg. Joran Trolling memiliki panjang aantara 180cm sampai 210cm.



Joran Bambu Cendani

Joran bambu cendani merupakan jenis joran yang terbuat dari bambu cendani. Umumnya, hanya bagian peganganya saja yang terbuat dari bambu cendani, sedangkan bagian utama joran terbuat dari blank rod.

Joran bambu cendani merupakan joran handmade, jadi biasanya para pemancing membuatnya sendiri atau memilih bambu dan blankrodnya sendiri. Ada juga yang menjualnya sudah dalam keadaan jadi. Tetapi umumnya para pemancing lebih mantab jika memilih bahan joran cendani sendiri.

Joran cendani pada dasarnya merupakan jenis joran yang ditujukan untuk memancing di kolam. Dan karakter joran cendani disesuaikan dengan jenis ikan target di kolam, seperti ikan lele, ikan bawal, ikan patin, ikan tombro dan lain lain.
.

Joran Tegek atau Joran Bebekan

Joran tegek merupakan joran dengan tipe antena biasanya tidak memiliki kolongan atau ring guide. Joran tegek biasanya di desain lentur, paling tidak bagian ujungnya saja. Terkadang bagian ujung tegek di beri entul atau ujung yang sangat lentur.

Joran tegek memiliki panjang mulai dari 180 cm hingga 1200cm atau 12 meter.

Jenis dan model Joran
Joran Tegek atau Joran Bebekan
Sebenarnya joran tegek tidak memiliki ring guide maupun reelset, akan tetapi saat ini banyak yang mengcustom joran tegek dan memberinya reelset dan kolongan sehingga dapat digunakan di berbagai spot. Hal itu karena joran tegek mudah dibawa dan memberikan sensasi tersendiri, walaupun hanya untuk memancing ikan kecil.
Joran tegek pada umumnya di gunakan untuk memancing di spot rawa, danau dan sungai. akan tetapi joran tegek juga dapat di gunakan untuk memancing di laut.
Ada dua jenis joran tegek atau joran bebekan, yaitu :

Section Panjang / Pole

Joran ini memiliki ruas atau panjang ketika di pendekan sepanjang kurang lebih 1 m. Jadi joran tegek jenis Pole  memiliki bentuk panjang dan ramping.
Section Pendek / Keiryu

Joran tegek jenis keiryu  memiliki ruas lebih pendek dari joran tegek jenis pole,  yaitu hanya sekitar 50cm saja. Joran keiryu  lebih mudah dibawa dan banyak di jual di pasaran.

Joran Sidatan

Joran sidatan merupakan joran yang dirancang khusus untuk mancing ikan sidat. Ciri utama jenis joran sidatan yaitu terbuat dari fiber solid dan tanpa reelset. Joran sidatan memiliki gagang dari kayu yang diukir.

Jenis jenis joran diatas merupakan jenis joran yang umum digunakan di Indonesia, jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini. Dan jika anda memiliki referensi jenis joran lainya dapat anda tambahkan di kolom komentar dan akan saya tambahkan pada artikel ini. Terimakasih :D




0 Response to "Model dan Jenis Joran Pancing"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *