Cara Membuat Perangkap Udang



Udangdi kenal sebagai umpan mancing yang sangat kiler oleh para pemancing. Apalagi udang yang masih hidup, bukan hanya predator di laut, predator air tawar bahkan beberapa jenis ikan omnivora air tawar juga sangat menyukai udang.
 
Cara Membuat Perangkap Udang jebakan mencari udang
perangkap udang
Udang yang biasa di jadikan umpan mancing adalah udang dengan ukuran kecil. Untuk udang tambak seperti udang vaname, kita memang harus membelinya. Akan tetapi jika udang kali kita dapat mencarinya di danau atau sungai menggunakan perangkap udang (jebakan udang)

Udang yang berukuran kecil memiliki mulut yang kecil juga, maka dari itu sangat sulit untuk di pancing. Penggunaan perangkap untuk menangkap udang memiliki banyak kelebihan. Pertama, kita tidak harus masuk kedalam air. Selain itu kita hanya perlu menaruh perangkap dan mengambilnya beberapa saat kemudian jadi bisa di tinggal ke mana mana.

Menangkap udang menggunakan perangkap juga lebih cepat mendapat banyak. Dalam satu perangkap udang, bisa menampung puluhan hingga ratusan udang.

Untuk membuat jebakan udang tidak dibutuhkan biaya banyak, murah dan bahkan gratis. Yang di butuhkan hanyalah botol plastik bekas air mineral berukuran besar dan tali. Untuk pemberatnya anda bisa menggunakan timah pembera untuk mancing, besi bahkan batu. Berikut ini merupakan cara membuat jebakan udang galah.

Pertama tama siapkan botol plastik bekas air mineral terlebih dahulu. Setelah botol plastik di bersihkan, potong bagian yang mendekati mulut botol (sebelum bagian yang mengecil). Setelah itu pasang ke botol dalam keadaan terbalik (liat pada gambar). Lalu anda dapat merekatkanya menggunakan lem atau tali agar tidak lepas. Penggunaan tali lebih dianjurkan, untuk memudahkan dalam pengambilan udang di dalam botol. Sebelumnya jangan lupa lepas tutup botol terlebih dahulu.

Lubangi botol jebakan ikan dengan menggunakan jarum. Jumlah lubang sebanyak mungkin agar air dapat dengan cepat keluar dari botol. Mengapa menggunakan jarum? Agar lubang yang di hasilkan berukuran sangat kecil, jadi udang tidak dapat melarikan diri dari lubang perangkap udang tersebut.

baca juga


Pasangkan tali pada bagian mulut perangkap udang dan pemberat pada salah satu sisinya. Nantinya posisi perangkap udang di air horisontal, dan tegak atau vertikal saat perangkap di tarik ke permukaan air. Jadi memudahkan udang masuk ke perangkap, akan tetapi udang sulit untuk melepaskan diri ketika di tarik.

Terus bagaimana cara menggunakaan perangak udang. Caranya adalah dengan memasukan umpan kemudian  di letakan di sungai sungai atau danau yang banyak terdapat udangnya. Anda dapat dapat menggunakan terasi atau tempe busuk sebagai umpan. Letakkan perangkap udang di dekat bebatuan atau tanaman liar yang merupakan tempat bersembunyi udang. Diamkan beberapa saat atau satu malam, kemudian angkat perangkap udang tersebut. Biasanya sudah banyak udang yang bersarang pada botol jebakan udang tersebut.

.

0 Response to "Cara Membuat Perangkap Udang"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *