Apa itu Teknik Casting? - MANCING



Apa itu Teknik Casting? Jika hobi anda memancing mungkin sudah sering mendengar istilah casting? Teknik casting merupakan sebuah teknik memancing yang menggunakan umpan tiruan. Umpan tiruan di lempar dan di gulung atau di tarik menggunakan kapal agar bergerak sedemikian rupa sehingga menarik perhatian ikan yang membuat ikan akan menyambar umpan tiruan.

Teknik casting masih di bagi lagi menjadi beberapa teknik lainya seperti popping, jigging dan trolling. Beberapa teknik sudah saya bahas dalam beberapa artikel yang sudah saya tulis di blog ini. Silahkan anda mencarinya lewat kolom pencarian J. Untuk teknik casting yang belum di bahas akan saya usahakan untuk menulisnya nanti atau jika anda ingin menyumbangkan artikel, bisa menghubungi kami melalui fanspage facebook “ Tips Mancing “ atau melalui tombol “contact us”
Apa itu Teknik Casting? - MANCING jigging popping
lure

Teknik casting dapat di aplikasikan di segala spot seperti danau , sungai, rawa, empang atau kolam pemancingan, pantai, karangan, di tengah laut bahkan di parit parit dan saluran irigasi. Terus apa saja yang diperlukan untuk mancing menggunakan teknik casting? Berikut akan di bahas alat alat yang digunakan untuk mancing menggunakan teknik casting secara umum.

Umpan Tiruan

Umpan tiruan atau umpan palsu merupakan umpan yang terbuat dari karet, ayu, fiber atau bahan bahan lainya yang biasanya di desain mirip bentuk ikan atau hewan lainya yang merupakan makanan ikan target di alam. Akan tetapi umpan tiruan juga didesain sesuai selera pembuatnya yang terpenting ikan target mau makan ntah karena mau makan memakanya, penasaran atau karena terganggu.

Jenis umpa tiruan sendiri banyak macamnya. Bentuk, action, warna, dan ukuran umpan tiruan didesain sesuai jenis ikan target dan spot memancing.
Umpan tiruan juga disebut dengan artifisal lure atau artifisial bait, dan lebih populer disebut lure.
baca juga : Jenis jenis lure

Reel

Ada jenis reel yang di rancang khusus untuk digunakan dalam teknik casting, yakni baitcasting reel atau biasa disingkat BC. Akan tetapi reel spinning juga dapat digunakan untuk teknik casting. Saya sendiri masih menggunakan apinning reel untuk casting, baik di laut, muara maupun di air tawar. Akan tetapi reel bc terkadang kurangnyaman untuk teknik casting tertentu, misalnya untuk ultralight menggunakan lure dengan berat di bawah 3 gram.

Ukuran reel di sesuaikan dengan teknik casting yang digunakan, spot mancing, dan jenis ikan target.

Joran

Joran, walesan atau rod juga ada yang di desain khusus untuk casting yakni baitcasting rod atau bc rod. Ada juga rod yang di desain khusus untuk teknik casting yang digunakan misal rod trolling, rod popping dan rod jigging. Akan tetapi pada dasarnya rod atau joran yang digunakan untuk casting merupakan joran model patahan atau model sambung ada juga yang one piece rod.

Panjang joran untuk casting di sungai biasanya antara 120 cm hingga 210 cm. untuk casting dimuara sungai dan di laut panjang joran yang digunakan antara 210 cm hingga 360. Joran lebih panjang juga dapat digunakan, umumnya joran yang lebih panjang digunakan untuk rock casting 9mancing karangan dengan teknik casting) atau surf casting( casting dari tepi pantai).

Senar

Senar, kenur atau benang yang umum digunakan untuk casting adalah braided line atau benang PE. Walaupun senar biasa atau monoline dapat digunakan untuk casting, namun monoline biasanya hanya digunakan untuk leader.

Benang PE digunakan untuk main line atau senar utama karena benang PE umumnya lebih kuat. benang PE yang lebih kuat memungkinkan untuk menggunakan yang lebih kecil sehingga dapat melempar lure lebih jauh.

Selain itu sifat benang PE yang hampir tidak mulur atau tidak elastis memudahkan pemancing dalam mengontrol action lure.

Mono line digunakan untuk leader karena warna monoline yang cenderung transparan tidak seperti benang PE yang berwarna mencolok dan ada juga yang berwarna warni. Selain itu benang Monoline memiliki sifat elastis yang dapat meredam hentakan joran. Hal ini sangat membantu jika casting dengan target ikan yang mulutnya rapuh atau gampang sobek.

Ada juga yang menggunakan leader dengan menggunakan senar fluorocarbon. Saat ini sudah bnyak senar yang didesain khusus untuk leader, missalnya senar shock leader. Shock leader dirancang lebih transparan dan lebih kuat dibanding senar mono biasa.

Target Ikan


Target ikan casting umumnya merupakan ikan ikan predator. Seperti gt, barakuda, marlin dan ikan ikan lainya jika mancing di laut. Jika Mancing di sungai ada ikan hampala, ikan palung dan lain lain. Namun beberapa jenis ikan omnivora bahkan herviro juga dapat dipancing menggunakan teknik casting, misalnya ikan masher dan ikan nila.

baca juga : Target ikan yang mudah di Casting

0 Response to "Apa itu Teknik Casting? - MANCING"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *