Spot Mancing Sidat di Kulon Progo


Ikan sidat atau ikan pelus menjadi salah satu ikan yang menjadi primadona para pemancing. Ikan pelus berbentuk panjang seperti ular namun tidak bersisik dan tubuhnya sangat licin seperti belut. Ikan sidat terkenal sangat kuat tarikanya, maka jangan heran jika jika melihat para pemancing sidat menggunakan senar berukuran besar dan joran yang terbuat dari fiber solid yang sangat kaku.


Spot Mancing Sidat di Kulon Progo   Jogja
ikan sidat
Iwak lunyu, itulah julukan ikan sidat yang diberikan oleh para pemancing ikan sidat di Jogja. hal itu merujuk pada tubuhnya yang licin. Iwak berarti ikan dan lunyu berarti licin, ikan yang licin.

Dalam kesemapatan ini saya akan berbagi spot mancing sidat di Kulon progo, kabupaten paling barat di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Kulon Progo masih terdapat spot spot yang di huni ikan sidat besar atau sering di sebut pelus. Ada tiga jenis ikan sidat yang dapat dijumpai di Kulon Progo yakni Ikan sidat kebo, sidat macan dan sidat kembang.

Langsung saja berikut ini merupakan spot mancing sidat di Jogja, khususnya di kabupaten Kulon Progo.

Waduk Sermo

Sudah menjadi rahasia umum jika waduk sermo merupakan tempat tinggal ikan sidat atau pelus dengan ukuran yang besar besar. Berbagai jenis ikan sidat dapat dijumpai di waduk Sermo.

Selain karena waduk yang luas dan dalam, ikan sidat di waduk Sermo juga masih banyak karena jarang ada yang mancing sidat di sini. Waduk yang luas membuat para pemancing bingung menentukan dimana ikan sidat berada sehingga mereka enggan mancing di sini.

Pekik Jamal

Pekik jamal merupakan dam atau bendungan yang terletak di kali Serang. Dari jembatan Bendungan, silahkan menyusuri sungai ke arah selatan hingga sampai di dam. Dam tersebut bernama Pekik Jamal. Titik spot mancing sidatnya berada di kedung atau bagian sungai yang dalam di utara dam tersebut.

Seperti spot mancing sidat pada umumnya, Pekik Jamal bisa dibilang spot yang horor. Namun ikan sidat di sini ukuranya besar besar. ikan sidat kebo, sidat macan hingga sidat kembang ada di sini. bukan hanya ikan sidat saja yang menghuni spot ini, ikan gabus dan ikan lelenya juga besar besar lho

Jembatan Sawahaking

 Jembatan sawahaking merupakan sebuah jembatan yang terletak di kelurahan Sidomulyo, Pengasih. Dari pasar celereng silahkan anda menyusuri jalan menuju Girigondo sekitar lima kilometr. Nanti anda akan menemui sebuah jembatan besar di kanan jalan, itulah jembatan sawahaking.

Di selatan jembatan tersebut terdapat kedung dan merupakan spot mancing ikan sidat yang  masih sangat potensial. Mengingat sungai di sini masih sangat bersih dan belum tercemar. Dulu saat saya survey spot tersebut, semalam sebelum saya survey ada yang berhasil mendapat sidat dengan bobot 5 kilogram

Glagah

Bagi anda yang takut mancing sidat sendirian, spot mancing sidat di Glagah ini menjadi alternatif spot mancing sidat yang patut anda coba. Lokasi spot yang terang dan di pinggir jalan menjadi alasanya. Lokasinya yakni sungai atau salauran irigasi di jalan menuju pantai Glagah Indah. Sungai di samping kanan dan kiri tersebut manjadi habitat Lumbon.
baca juga


Sungai Progo

Bagi anda pemburu ikan sidat monster atau pelus mungkin sudah tidak asing lagi dengan sungai Progo. Ya, sungai Progo menjadi spot favorit para pemburu ikan sidat macan dan ikan sidat kembang. Anda tidak perlu bingung memilih lokasi memancing, karena sepanjang sungai progo merupakan tempat ikan sdat mencari makan.

Apalagi saat kondisi air sedang keruh atau banjir. Ikan sidat akan sangat agresif dan aktif mencari makan. Namun ketika and mancing di sungai Progo harus hati hati, apalagi ketika musim penghujan. Karena banjir dari hulu sungai progo bisa datang kapan saja.


0 Response to "Spot Mancing Sidat di Kulon Progo "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *