Ikan Ayam !

Ikan Ayam - ayam merupakan ikan laut konsumsi dan target favorit para pemancing di Indonesia. Ikan ayam ayam memiliki nama latin Abalistes stellaris. Selain itu ikan ayam ayam juga dikenal dengan banyak nama, antaralain ikan etong, ikan jebong dan juga ikan kambing kambing.
iwak pitik iwak wedus
ikan ayam ayam


Klasifikasi ilmiah Ikan Ayam ayam

Kingdom :     Animalia
Filum      :     Chordata
Kelas      :     Actinopterygii
Ordo       :     Tetraodontiformes
Subordo :      Tetraodontoidei
Famili     :      Balistidae
Genus    :      Abalistes
Spesies  :      A. stellaris

Ukuran ikan ayam ayam sebenarnya tidak terlalu besar, yakni rata-rata memiliki panjang tubuh 40 cm, namun ikan ayam ayam jantan dapat tumbuh hingga panjang 60 cm. Ikan ayam ayam memiliki sirip punggung berjumlah antara 25 -  27 jari-jari sedangkan sirip anal berjumlah 24 - 26 jari-jari.

Sisik ikan ayam ayam di dekat perut umumnya berkuran besar. Selain itu, yang patut diwaspadai adalah Ikan ayam ayam juga memiliki patil di bagian belakang tubuhnya. Keunikan ikan ayam ayam terletak pada bentuk tubuh dan bibirnya, yakni bibirnya tebal .

Ikan ayam ayam dapat dipancing menggunakan umpan udang atau sesetan daging ikan. Gigi Ikan ayam ayam juga besar besar dan tajam. gigi yang tajam ini dapat dengan mudah memutus senar pemancing. Maka jangan heran jika saat memancing ikan bergigi tajam ini tiba tiba mata kail sudah hilang.


Ikan ayam ayam termasuk ikan demersal, yakni ikan yang hidup di dasar laut  dan amphidromous yakni ikan yang dapat bermigrasi dari perairan air asin dan perairan air tawar. Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan kambing kambing ini mencari makan dan tinggal di habitat dasar laut berkarang. Oleh karena itu jika anda memancing ikan ayam ayam carilah spot dengan dasar karang. namun terkadang ikan ini juga dapat ditemukan di laut dengan dasar pasir.
baca :


Ikan ayam ayam menyukai habitat perairan hangat, seperti di perairan hangat kawasan Indo-Pasifik, mulai dari Laut Merah sampai Samudera Pasifik bagian barat. Ikan ayam ayam juga hidup diperairan Indonesia lho.

Ikan ayam ayam juga dikeringkan dan dijual sebagai ikan asin. Namun, ikan yang juga di panggil dengan nama ikan jebong ini lebih populer diolah sebagai ikan bakar. Karena rasa daging ikan jebong sangat enak jika diolah dengan cara dibakar.


0 Response to "Ikan Ayam !"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *