Cara memilih Soft Frog Killer untuk Ikan Gabus

Soft frog merupakan salah satu jenis umpan berbentuk katak yang digunakan untuk mancing ikan gabus dengan teknik casting. Walau umpan soft frog berkembang dengan bentuk berbagai macam hewan seperti semut, kepik, curut dan lain lain. Umpan soft frog digunakan untuk memancing ikan gabus atau ikan haruan yang bersembunyi di spot yang penuh dengan tanaman air seperti kangkung dan enceng gondok. Pemilihan soft frog untuk casting di spot tersebut karena soft frog memiliki keunggulan tidak mudah tersangkut pada tanaman air.
Cara memilih Soft Frog untuk Ikan Gabus
Soft frog dan ikan gabus



Terus bagaimana cara memilih soft frog yang bagus / killer? Berikut ini merupakan panduan umum cara memilih soft frog yang bagus dan killer untuk ikan gabus. Mungkin saja tips tips di bawah ini berbeda dengan prinsip pemilihan soft frog anda atau pemancing lainya.

Hal yang pertama dan menurut saya paling penting dalam memilih soft frog adalah tekstur soft frog. Semakin empuk teksturnya semakin bagus soft frog tersebut. Anda dapat mengetesnya dengan memencet soft frog tersebut, keras atau empuk. Tekstur soft frog yang empuk memudahkan kail menancap pada mulut ikan gabus. Soft frog dengan tekstur yang keras tentunya membuat mulut ikan gabus sulit menancap dengan sempurna.

Mata kail pada soft frog juga harus tajam. biasanya merk soft frog terkenal mencantumkan merk mata kail atau double hook yang digunakan. Jika soft frog handmade anda bisa menanyakan merk double hook yang digunakan atau melihat matakailnya terlebih dahulu. Mulut ikan gabus bagian atas cukup keras maka dari itu diperlukan mata kail yang tajam dan kuat.

Pilihlah mata kai yang condong ke atas. Jika mata kail benar benar tajam, soft frog dengan mata kail benar benar horisontal tidak begitu berpengaruh. Akan tetapi mata kail pada soft frog biasanya tidak mudah di ganti. Karena sekarang masih jarang toko pancing yang menjual double khusus soft frog. Jika mata kail benar benar horisontal, anda dapat membengkonya dengan hati hati menggunakan tang,sehingga mata kail dapat menghadap sedikit ke atas.

Warna soft frog juga berpengaruh terhadap kualitas soft frog. Saya sendiri lebih memilih soft frog dengan warna yang cerah seperti kuning, oranye dan hijau muda. Tetapi umumnya pemancing memiliki selera warna tersendiri. Ada juga pemancing yang menyukai warna gelap. Katanya warna gelap seperti hitam dan coklat cocok untuk casting gabus di siang hari dengan cuaca serah.

baca Juga:


Soft frog dengan blade atau soft frog dengan skirt? Mana yang lebih bagus? Untuk spot yang sedikit terdapat tanaman air atau malah tidak ada sama sekali, soft frog dengan blade lebih di rekomendasikan. Action dari blade pada soft frog akan memancing ikan gabus atau ikan tomana untuk keluar sarang.


Untuk soft frog dengan skirt, sebaiknya skirtnya jangan terlalu panjang. Apalagi jika target anda merupakan ikan gabus atau ikan haruan yang ukuranya dapat di bilang masih kecil. Jika terllu panjang sering kali sambaran ikan gabus hanya mengenai bagian ekornya saja.anda dapat metongnya kira kira panjang satu sampai dua senti saja. Jika ikan gabus berukuran besar atau babon panjang skirt pada soft frog mungkin tidak menjadi masalah.

0 Response to "Cara memilih Soft Frog Killer untuk Ikan Gabus "

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *