Mancing ikan Lemadang - Ikan Mahi mahi

Ikan Lemadang (Coryphaena hippurus)merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang hidup di lepas pantai atau tengah laut. Ikan Lemadang hidup di perairan tropis dan beberapa laut sub tropis. Lautan di Indonesia meruapakan salah satu habitat ikan lemadang.
 
Mancing ikan Lemadang - Ikan Mahi mahi
Ikan Lemadang
Ikan lemadang atau juga disebut dengan nama ikan dorado atau ikan mahi mahi merupakan salah satu ikan konsumsi yang memiliki harga yang cukup mahal. Ikan lemadang dapat tumbuh hingga memiliki panjang dua meter dengan berat lebih dari empat puluh kilogram. Maka tak heran jika lemadang menjadi salah satu target utama para pemancing di lepas pantai.

Selain itu, seperti halnya ikan marlin dan ikan todak, ketika ikan lemadang terkena mata kail para pemancing, ikan lemadang tak segan segan melompat kesana kemari. Hal tersebut menjadi nilai tambah dan sensasi yang lebih bagi para pemancing.

Spot mancing ikan lemadang di Indonesia dapat ditemui dari ujung timur sampai ujung barat lautan Indonesia, mulai dari perairan Papua, Sulawesi, Bali, Jawa hingga sumatera.

Memancing ikan lemadang memang harus di lakukan di lepas pantai, sangat sulit di lakukan dari tepi pantai. Jadi ketika anda mancing pasiran atau surf fishing jangan terlalu berharap mendapat ikan lemadang. Walaupun mendapat ikan lemadang dari pinggir laut bukanlah hal yang benar benar mustahil.

Ikan lemadang dapat di pancing menggunakan teknik ngoncer, yakni mancing menggunakan umpan ikan yang masih hidup. Anda dapat menggunakan umpan ikan tongkol,ikan belanak atau umpan ikan kecil lainya.

Akan tetapi mancing kan lemadang lebih efektif menggunakan teknik trolling, yaitu menarik umpan dengan menggunakan kapal yang berjalan dengan kecepatan rendah. Jika anda menggunakan teknik trolling, ikan yang sudah mati atau ikan yang dibelah atau dipotong dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan lemadang atau ikan mahi mahi.

baca :

Umpan tiruan juga dapat digunakan untuk mancing ikan lemadang. Umpan tiruan seperti minnow, softlure berukuran besar atau spinner yang di tarik menggunakan kapal dapat menarik perhatian dan mengecoh ikan lemadang. Tidak perlu terlalu bingung dalam memilih umpan untuk ikan lemadang.

Dalam salah satu acara televisi yang bertemakan mancing, para pemancing mancing ikan lemadang dengan umpan buatan sendiri atau umpan handamade. Umpan tiruan yang digunakan untuk mancing ikan yang juga populer dengan nama ikan mahi mahi tersebut sangat sederhana. Umpan tiruan tersebut hanya terbuat dari timah pemberat dan mata kail yang di beri treeble hook.


Musim ikan lemadang biasanya pada bulan september hingga bulan desember, yakni awal dari musim penghujan. Selain bula bul;an tersebut, ikan lemadang masih dapat di pancing meskipun tidak semudah pada bulan september hingga desember.

0 Response to "Mancing ikan Lemadang - Ikan Mahi mahi"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *