Cara Merangkai Umpan Softlure / Softbait/ Softplastics

Soft lure atau juga sering di sebut dengan soft plastics atau soft bait meupakan umpan buatan yang memiliki tekstur kenyal dan terbuat dari karet atau palstics. softlure atau soft bait yang cenderung ringan memerlukan rangkain khusus dalam penggunaanya.
Softlure bisa digunakan untuk memancing di air tawar dengan target beberpa jenis ikan seperti hampala, masher, haruan atau gabus, tomman, bawal dan lai lain. sedangkan di air payau atau air asin ikan surung, ikan baby gt, ikan tarpoon, ikan talang dan lain lain cukup efektif di pancing menggunakan umpan buatan jenis softlure
 berikut ini macam macam rangkaian soft lure yang bisa anda gunakan.
Pilihlah rangkaian softlure dengan spot anda memancing. apakah di dermaga, danau, sungai,laut atau yang lainya bisa memilih salah satu jenis rangkaian di bawah ini.

 Jig Head Rig

Jig head rig merupakan salah satu rangkaian softplastic atau softbait yang paling sering digunakan. Jig head biasanya terbuat dari timah yang di bentuk mirip seperti kepala ikan kecil dan terdapat mata kail di belakangnya.

Rangkaian softlure menggunakan jig head cocok untuk softlure yang didesain polos. 

Rigging a Tube

Rangkaian Softlure atau softplastics ini cocok untuk softlure yang memiliki rongga di dalamnya. Biasanya softlure atau dot plastis tersebut di desain menyerupai bentuk cumi-cumi cumi-cumi.


Texas Rig

teknik memasang softlure menggunakan rangkaian texas rig merupakan teknik memasang softlur yang paling umum digunakan. Teknik ini cocok untuk hampir segala jenis softlure. Akan tetapi teknik ini paling pas untuk softlure yang didesain denganmotif menyerupai bentuk ikan atau hewan lainya.

Rangkaian softlure texas rig cocok untuk di sungai berarus deras dengan target baby Gt, tarpoon, hampala, masher, dan lain lain.

Carolina Rig

Carolina rig merupakan salah satu cara merangkai softlure atau softbait yang efektif untuk memancing menggunakan softlure yang membutuhkan lemparan jauh. Dengan dirangkainya pemberat atau timah yang jauh dari softlure sehingga besar pemberat tidak mempengaruhi Action dari softlure tersebut.

Rangkaian ini cocok untuk di kawasan pantai berkarang atau muara sungai. leader atau senar dari timah ke softlure yang digunakan sampai dengan panjang 3 m.
baca :
Cara Merangkai Umpan Softlure / Softbait/ Softplastics laut sungai baby gt
cara memasang softlure


Drop Shot Rig


Sepertihalnya Carolina Rig, Drop Hot rig juga di merupakan rangkai soft lure yang di bertujuan agar softlure dapat dirangkain menggunakan timah besar sehingga dapat di lempar secara jauh dan tanpa mempengaruhi action dari softlure tersebut.

Rangkai softlure atau softplastics ini digunakan untuk mengincar ikan ikan yang berada didasar air. Kekurangan dari teknik ini adalah hanya cocok untuk teknik casting dengan slow retrieve.


Wacking Rig


jika anda memiliki softlure atau soft bait yang memiliki bentuk seperti cacing silahkan mencoba rangkai softlure waking rig. Cara meretrieve softlure menggunakan teknik ini yaitu dengan menghentak hentak Ian joran sehingga softlure akan bergerak menyerupai cacing yang berenang.


Spinner Rigs

teknik merangkain soft bait atau softlure yang digabungkan dengan spinner seperti pada gambar diatas sangat cocok untuk memancing ikan predator di permukaan air. Spinner akan menggoda ikan untuk keluar dari sarangnya dan naik ke permukaan air.

Teknik merangkai soflure seperti ini sangat pas untuk memancing ikan predator di air tenang yang bersih tanpa tumbuhan air. Biasanya spinner rit digunakan untuk mancing ikan tomman atau ikan gabus menggunakan softlure.

Float Rigs

teknik merangkai softlure menggunakan pelampung memang begitu populer, salah satu alasanya adalah sangat sulit untuk melempar secara jauh. Teknik merangkain softlure menggunakan pelampung digunakan untuk mengincar target ikan yang berada di permukaan air seperti ikan tarpoon dan ikan Kampala di arus tenang.



0 Response to "Cara Merangkai Umpan Softlure / Softbait/ Softplastics"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *