Tips Mancing Ikan Tawes dengan Umpan Jitu

Ikan tawes merupakan ikan yang menjadi target para pemancing sejak dulu hingga sekarang. Ikan tawes memiliki rasa yang gurih jika di goreng. Dan mungkin karena hal itu banyak yang mancing ikan tawes. 



tips mancing ikan tawes dengan umpan jitu
sumber gambar : id.wikipeddia.org
Habitat ikan tawes biasanya di aliran sungai yang dalam dan berarus dan di danau atau rawa dengan air jernih. Di habitat aslinya ikan tawes memakan lumut yang tumbuh di sungai dan juga hewan hewan kecil seperti cacing dan kutu air yang hidup di sungai. istal. Pilihlah cacing oleh karena itu anda bisa menggunakan lumut atau cacing sebagai umpan.

Lumut yang disukai ikan tawes adalah lumut yang memiliki tekstur halus. lumut berwarna hitam yang biasa tumbuh di batu yang ada di sungai atau biasa di sebut lumut iblis juga sangat disukai oleh ikan tawes.Jika anda menggunakan cacing, gunakan cacing merah atau cacing berukuran kecil, karena mulut ikan tawes juga berukuran kecil.

Alat mancing yang digunakan untuk mancing ikan tawes sama seperti mancing ikan wader pada umumnya, karena ikan tawes juga merupakan salah satu jenis ikan wader. Pilihlah kail yang tajam atau jika kail anda sudah tidak tajam sesegera mungkin di ganti. Karena ikan tawes sering kali memuntahkan umpan, jadi jika mata kail anda sudah tidak tajam maka mata kail juga ikut keluar.

Ikan tawes hidup secara bergerombol atau berkelompok. Jika anda mancing di sungai dengan arus cukup deras anda dapat membuat ikan tawes berkumpul dengan menggunakan daun ketela atau kangkung, caranya ikat daun kangkung atau daun ketela dengan batu atau kayu lalu ceburkan ke air dengan arus yang tidak terlalu deras. Ikan tawes akan berkumpul di balik daun.

Ketika ikan tawes sudah berkumpul tinggal kita pancing saja menggunakan umpan yang jitu atau umpan tawes andalan anda. Jika anda masih bingung mengenai umpan tawes, anda dapat mencari resep umpan melem, resep sulur atau resep umpan ikan wader yang bisa anda cari di blog ini. Dibawah ini juga merupakan umpan ikan tawes berbahan utama tempe yang bisa anda coba.

Umpan Ikan Tawes Dari Tempe

Bahan

Tempe                     1 buah
Bawang putih          1 siung
Garam                      secukupnya

Cara Membuat Umpan Ikan Tawes dari Tempe

Pertama tama, lumat atau tumbuk tempe hingga halus. Sebelum dicampur dengan bahan lain, pastikan tempe sudah benar benar halus. Di rekomendasikan menggunakan tempe yang di bungkus daun pisang bukan yang di bungkus plastik. Jika menggunakan tempe bungkus plastik takarannya bisa anda kira kira sendiri.

Tumbuk bawang putih dengan garam hingga halus. Setelah itu campurkan tempe dan bawang putih serta garam yang sudah ditumbuk sampai benar benar rata. Umpan siap untuk digunakan.



0 Response to "Tips Mancing Ikan Tawes dengan Umpan Jitu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *