Tips Mancing Ikan Beto/ Betik/ Papuyu

Sedang mencari tips mancing ikan betok? Berikut ini merupakan tips memancing ikan betok dan penjelasan mengenai apa itu ikan betok.
Tips Mancing Ikan Beto/ Betik/ Papuyu
ikan betok/papuyu/betik
Ikan betok merupakan ikan air tawar yang aman di konsumsi dan biasanya hidup liar di air tawar. Ikan betok di kenal dengan banyak nama,di antaranya ikan papuyu, ikan puyu, ikan betik, ikan bethok dan ikan bethik. Di daerah Jogja saya ikan betok berukuran kecil disebut dengan menther. Ikan betok juga di kenal dengan nama climbing gouramy atau climbing perch dikarenakan ikan betok mampu berjalan dan bernafas di daratan walau hanya sementara.

Ikan betok dapat tumbuh sampai memiliki panjang 25cm tetapi ukuran tersebut sangat sulit untuk di temui. Rata rata ikan betok berukuran tiga sampai empat jari orang dewasa. Walaupun relatif berukuran kecil mancing ikan betok sangat mengasikan. Ikan betok memiliki tarikan yang cukup kuat di kelasnya.

Untuk umpan mancing ikan betok tidak perlu bingung, karena ikan ini sangat rakus. Kim betok akan memakan umpan apa saja yang ada didepanya. Ketika memakan umpan ikan betok akan langsung melarikan diri, jadi tidak perlu di hentakan mata kail akan menancap pada mulut ikan betok dengan sendirinya. Yang terpenting mata kail yang digunakan untuk mancing ikan betok benar benar tajam.

Memancing ikan betok tidak diperlukan peralatan khusus. Bahkan saking rakusnya ikan betok, dengan menggunakan senar berukuran besar pun tetap akan di makan. Yang terpenting mata kail tidak lebih besar dari mulut ikan.

Jika mata kail tumpul, maka akan sangat sulit menancap dan sering kali mocel. Hal ini di karenakan ikan betok memiliki bibir yang keras.

Mancing ikan betok dapat dilakukan di sungai rawa, danau atau sawah. Ikan betok menyukai air tenang dan tidak terlalu dalam, biasanya bersembunyi dibalik rerumputan atau pepohonan serta sampah di dasar sungai. Jadi ketika mancing ikan betok lemparlah umpan di sekitar tempat persembunyiannya.

Jika mancing di danau penuh dengan kenceng gondok, lempar umpan disela sela kenceng gondok. Karena ikan betok sangat suka bersembunyi dibalik akar kenceng gondok.  

Mancing ikan betik dapat dilakukan di siang hari atau malam hari. Hanya saja ketika hujan turun ikan betok akan bersembunyi, jadi susah untuk di pancing. Tetapi setelah hujan reda adalah waktu yang sangat tepat untuk mancing ikan betok. Di mana ikan betok akan aktif mencari makan setelah hujan turun.

Rasa ikan betok sangat gurih jika di goreng garing. Ikan betok juga sedap jika di masak mangut, maka tidak heran banyak yang mancing ikan betok.


Iya sudah tahu ciri ciri ikan betok belum? Ikan betok memiliki bentuk tubuh mirip dengan ikan nila hanya saja ukurannya relatif kecil. Ikan betok memiliki warna hijau, dengan bagian atas ikan betok mendekati warna hitam sedangkan bagian bawah mendekati warna putih. Ikan betok memiliki sisik yang kasar.




0 Response to "Tips Mancing Ikan Beto/ Betik/ Papuyu"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *