Tips dan Umpan Mancing Kerapu di laut



Ikan kerapu meupakan salah satu ikan laut yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya dari kalangan pecinta seafood tetapi juga para pemancing. Selain karena tarikanya yang bikin ketagihan, rasa daging ikan kerapu yang lezat serta harganya yang tinggi membuat banyak pemancing memburu ikan kerapu dan ketagihan mancing ikan kerapu. Saat ini juga sudah banyak yang membudidayakan ikan kerapu.

Tips dan Umpan Mancing Kerapu di laut
Kerapu
Ikan kerapu merupakan ikan dengan karakter malas. Karakter ikan kerapu mirip dengan ikan kakap bakau atau mangrove jack, yaitu tidak suka mengejar mengejar mangsanya terlalu jauh dari sarangnya. Ikan kerapu umumnya hanya berdiam diri di sarangnya menunggu mangsa lewat, begitu ada mangsa lewat langsung sergap dan ditelan secara utuh. Ikan kerapu memang memiliki mulut yang lebar.

Ikan kerapu tinggal di bebatuan, jadi jika mancing ikan kerapu pilihlah spot lautan dengan dasar batuan karang. Jadi anda bisa memancing kerapu menggunakan kapal ke tengah laut, mencari dasar laut berbatu karang . Memancing ikan kerapu juga dapat dilakukan dari bukit karang / rock fishing atau rumpon buatan manusia di tengah laut

Ikan kerapu sangatlah sulit jika di pancing dari pantai berpasir atau dengan teknik pasiran. Karena sangat amat jarang ikan kerapu pergi mencari makan di daerah pantai berpasir.
Untuk umpan mancing ikan kerapu anda dapat menggunakan cumi cumi atau ikan seperti ikan tongkol, ikan kembung dan ikan belanak. Ikan air tawar juga dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan kerapu. Saya sendiri pernah mendapat ikan kerapu menggunakan umpan berupa sesetan daging ikan lele dan ikan sepat. Soal umpan tidak perlu diambil pusing kerapu.

 Umpan hidup maupun ikan mati dapat digunakan sebagai umpan mancing ikan kerapu, asalkan umpan tersebut masih segar. Anda dapat emnggunakan aerator portabel untuk membawa umpan hidup. Jika menggunakan umpan mati jangan lupa pilihlah ikan yang masih segar dan di bawa menggunakan es dan coolbox.
Untuk casting ikan kerapu bisa menggunakan teknik jigging. Jika anda casting ikan kerapu menggunakan minnow pilihlah spot yang tidak terlalu dalam. Dan minnow yang cocok untuk kerapu adalah minnow yang dapat berenang sampai hampr menyentuh dasar air. Biasanya minnow tersebut memiliki ciri ciri lips atau lidahnya panjang.

Mungkin yang harus di perhatikan adalah cara menghajar atau menghadapi perlawanan ikan kerapu. Berbeda dengan cara melawan ikan tengiri atau giant travelly  yang akan berusaha melepaskan diri dengan terus berenang, ikan kerapu terutam kerapu berukuran besar atau monster cenderung langsung bersembunyi di sarangya. Jadi begitu menyambar umpan pemancing, ikan kerapu akan langsung lari menuju bebatuan karang.

Ketika kerapu masuk kedalam sarang akan sangat sulit jika langsung di tarik secara paksa. Umumnya senar akan putus, bukan saja karena di tarik melebihi kekuatan senar tetapi juga gesekan dengan batuan karang.

Cara mengatasi kerapu yang masuk kedalam sarang atau batuan karang adalah dengan menunggunya lemas dan keluar dari sarang. Hal ini memang membutuhkan membutuhkan kesabaran ekstra. Apalagi saat berhadapan dengan kerapu monter atau kerapu berukuran sangat besar. Ya begitulah karakter ikan kerapu, cocok bagi anda yang ingin melatih kesabaran.

Jadi jika umpan di sambar ikan kerapu langsung ditarik keatas secepat mungkin agar tidak masuk kedalam karang, tentunya hal ini juga mempertimbangkan kekuatan alat pancing dan senar atau kenur yang anda gunakan.

0 Response to "Tips dan Umpan Mancing Kerapu di laut"

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *